DPRD dorong penegak hukum tindak tegas mafia tanah di Palangka Raya

id Sigit K Yunianto ,DPRD Palangka Raya

DPRD dorong penegak hukum tindak tegas mafia tanah di Palangka Raya

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong penegak hukum untuk menindak tegas mafia tanah. Polisi, jaksa dan lembaga penegak hukum lainnya didorong untuk bekerja sama mengidentifikasi, menangkap dan memproses pelaku tersebut. 

"Kita perlu menjaga integritas dan transparansi dalam proses pemberian izin dan pengelolaan tanah. Ketika ada mafianya, maka tindak tegas dengan hukum yang efektif," katanya, Senin. 

Ia juga mendorong pemerintah untuk memastikan bahwa setiap keputusan terkait tata ruang, perizinan dan sertifikasi tanah didasarkan pada prosedur yang ketat dan adil.

Sigit menekankan perlunya pendekatan yang lebih holistik dan terpadu dalam pencegahan dan pemberantasan mafia pertanahan.
Pendekatan tersebut seperti peningkatan kesadaran masyarakat tentang hak-hak terkait kepemilikan tanah, informasi yang jelas tentang peraturan tata ruang dan perizinan.

"Tidak lupa juga program edukasi yang bertujuan untuk membangun kesadaran hukum dan etika dalam kepemilikan dan penggunaan tanah," tuturnya.