Dishanpang Kalteng raih penghargaan dalam SPHP Award 2023

id Pemprov kalteng, dishanpang kalteng, dishanpang kalteng raih sphp award, penghargaan gpm terbaik, gelar pangan murah, riza rahmadi, kalteng, kalimanta

Dishanpang Kalteng raih penghargaan dalam SPHP Award 2023

Pemprov Kalteng dan upaya dalam menjaga ketahanan pangan. (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu yang berhasil menerima penghargaan dalam gelaran SPHP Award 2023 yang dilaksanakan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Alhamdulillah Dishanpang Kalteng menerima penghargaan untuk kategori Gelar Pangan Murah (GPM) Provinsi terbaik harapan tiga pada tingkat nasional," kata Kepala Dishanpang Kalteng Riza Rahmadi di Palangka Raya, Sabtu.

Riza mengatakan, capaian ini sudah sangat baik, mengingat Kalteng menjadi salah satu penerima penghargaan dari sebanyak 38 provinsi yang ada di Indonesia.

"Kami pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Terutama Gubernur Sugianto Sabran yang selalu memberi arahan dan dukungan kepada kami dalam pelaksanaan berbagai program dan kegiatan," jelasnya.

Juga kepada sejumlah perangkat daerah yang membidangi pangan, instansi vertikal, serta swasta maupun masyarakat, hingga pada akhirnya GPM di Kalteng terlaksana sukses dan lancar.

"Dengan memperoleh penghargaan ini, kami harapkan sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan capaiannya. Tantangan bersama ke depan adalah menjaga inflasi sampai dengan akhir 2023 dan fenomena El Nino yang harus dimitigasi bersama," tuturnya.

Baca juga: Disperpusip Kalteng kirim peserta magang implementasi Srikandi ke ANRI

Sementara itu, Bapanas menyampaikan, SPHP Award merupakan momentum yang sangat membanggakan karena seluruh pemangku kepentingan yang menjaga pangan dari hulu hingga ke hilir, dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, BUMN, BUMD pangan, serta seluruh asosiasi pangan, semuanya hadir bersama untuk memperkuat sinergi bersama dalam menjaga pangan.

"Dengan adanya SPHP Award ini, kami harap menjadi motivasi bagi para penerima penghargaan untuk mempertahankan, meningkatkan capaian, serta menjadi penyemangat untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan stabilisasi pasokan dan harga pangan ke depan," kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Ari.

Adapun dalam gelaran SPHP Award 2023 tersebut, ada sejumlah kategori penghargaan, meliputi Provinsi SPHP Terbaik, Kabupaten Inflasi Terbaik, Pelaku Pangan Terbaik, GPM Terbaik, FDP Terbaik, Enumerator Terbaik, serta PJ Panel Terbaik.

Baca juga: Bapenda Kalteng: Ragam inovasi permudah pelayanan Samsat kepada masyarakat

Baca juga: Dishanpang Kalteng: Ketersediaan beras aman dan harga stabil