W.A Gara Festival berlangsung semarak, peringati Harhubnas 2023

id Pemprov kalteng, dishub kalteng, wa gara festival, harhubnas, hari perhubungan nasional, kalteng, kalimantan tengah, insan perhubungan, yulindra deddy

W.A Gara Festival berlangsung semarak, peringati Harhubnas 2023

W.A Gara Festival dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2023, Palangka Raya, Sabtu, (16/9/2023). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksanaan W.A Gara Festival di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah berlangsung semarak dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023.

"Kegiatan hari ini yang dipusatkan di Terminal W.A Gara merupakan rangkaian dari Harhubnas 2023 di Provinsi Kalimantan Tengah," kata Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Yulindra Dedy di Palangka Raya, Sabtu.

W.A Gara Festival terlaksana melalui kerja sama Dinas Perhubungan, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kalimantan Tengah, Angkasa Pura II, Jasa Raharja, serta mitra lainnya.

"W.A Gara Festival yang berlangsung semarak ini, menunjukkan solidnya insan perhubungan di Kalimantan Tengah dalam berkolaborasi ataupun bersinergi antara satu dan lainnya," tuturnya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng raih penghargaan dalam SPHP Award 2023

Yulindra mengatakan, Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023 menjadi momentum bagi insan perhubungan di Kalimantan Tengah dalam rangka menciptakan transportasi semakin baik bagi masyarakat.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam W.A Gara Festival ini yakni Gowes Harhubnas, Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Penanaman Pohon Bersama, Lomba Mewarnai, Safety Riding hingga pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan maupun donor darah. Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai 16-17 September 2023.

"Melalui kegiatan ini pula, kami berupaya meramaikan serta mendekatkan Terminal W.A Gara kepada masyarakat. Jadi terminal ini bukan hanya sekadar wadah turun naik penumpang, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan multi tujuan lainnya, seperti kegiatan hiburan, hingga pemberdayaan UMKM," jelasnya.

Baca juga: Disperpusip Kalteng kirim peserta magang implementasi Srikandi ke ANRI

Sementara itu, Kepala BPTD Kelas II Kalimantan Tengah Andi Rachmatullah mengatakan, W.A Gara Festival ini diharapkan bisa menjadi pemicu kegiatan-kegiatan positif lainnya khususnya yang dilaksanakan dengan memanfaatkan areal terminal setempat.

"Ke depan kami juga berupaya menggiatkan kegiatan-kegiatan lain di terminal ini, seperti pemberdayaan UMKM, pameran otomotif, serta lainnya," katanya.

Untuk itu pihaknya juga sedang melaksanakan survei berkaitan pelaku UMKM di daerah setempat, sehingga ke depan dalam pelaksanaan ragam kegiatan dapat disinergikan dengan layanan angkutan-angkutan transportasi umum yang ada di daerah.

Baca juga: Bapenda Kalteng: Ragam inovasi permudah pelayanan Samsat kepada masyarakat

Baca juga: OPD Pemprov Kalteng terus giatkan pendampingan posyandu cegah stunting

Baca juga: Pemprov kawal penyaluran BBM dengan pos pengawasan di Bartim dan Pulpis