BKPSDM tingkatkan kompetensi penjabat fungsional di Kobar

id BKPSDM Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, kalteng

BKPSDM tingkatkan kompetensi penjabat fungsional di Kobar

BKPSDM Kobar saat melakukan sosialisasi kepada ASN AKPD di lingkup pemkab setempat, Senin (18/9/2023). ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Keuangan Pusat dan Daerah (JF AKPD) di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Sosialisasi ini di laksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pejabat fungsional, khususnya mengelola keuangan," kata Kepala BKPSDM Aida Lailawati di Pangkalan Bun, Selasa.

Aida menyebutkan, kegiatan sosialisasi tersebut di ikuti kurang lebih 20 Aparatur Sipil Negara (ASN) AKPD hasil penyertaan jabatan.

"Dalam kegiatan ini kita juga mendatangkan narasumber AKPD Ahli Madya BKPAD Kota Yogyakarta, Devi Rahmawati," sebutnya.

Aida mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya pemerintah daerah untuk meningkat kompetensi pejabat fungsionalnya secara bertahap. Sebab, pada tahun 2021 telah terjadi penyetaraan jabatan dari jabatan pengawas menjadi pejabat fungsional, salah satunya adalah JF AKPD ini.

Baca juga: Gubernur Kalteng beri bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan di Kobar

"Seiring berjalannya waktu, tentu saja muncul dinamika dan kendala yang dihadapi, kendala tersebut bisa berupa kendala teknis maupun kendala administrative,” jelasnya.

Oleh karena itu, Aida berharap melalui kegiatan ini dapat menguatkan peran JF AKPD, dan juga meningkatkan pemahaman terkait jenjang, kriteria, butir tugas-kegiatan, pola karir, hingga penyusunan SKP JF AKPD. 

"Mari kita gunakan kesempatan ini untuk berdiskusi, menggali pemahaman sebanyak-banyaknya bersama narasumber kita yang telah berpengalaman," demikian Aida.

Baca juga: Perayaan HUT Kobar ke 64 bakal meriah dan bertabur lomba

Baca juga: Pj Bupati Kobar terima enam unit kontainer dan dua AM truck dari PT CBI

Baca juga: Polres Kobar gelar penandatangan fakta integritas bebas narkoba di Desa Pasir Panjang