Indomobil dan Inchape resmi akuisisi bisnis Mercedes-Benz di Indonesia

id Mercedes benz,Indomobil,Inchape

Indomobil dan Inchape resmi akuisisi bisnis Mercedes-Benz di Indonesia

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia memperkenalkan model baru kendaraan ICE mereka yaitu The new A-Class 200 Sedan, di Jakarta, Kamis (15/6). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Jakarta (ANTARA) - Inchcape Plc (‘Inchcape’) bersama dengan partner bisnis otomotif di tanah air yakni PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (‘Indomobil’), resmi mengambil alih kegiatan bisnis Mercedes-benz yang meliputi Mercedes-Benz AG dan juga PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Kerjasama antara dua perusahaan otomotif ternama itu, diharapkan dapat mengimbangi persaingan industri otomotif di tahan air yang kian beragam.

Usaha patungan ini juga akan menggabungkan keahlian global terdepan Inchcape dalam keunggulan distribusi serta kapabilitas digital dan data dengan keahlian lokal Indomobil. Dalam usaha patungan ini, Inchcape memiliki saham 70 persen dan Indomobil 30 persen.

“Kami senang bisa menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, memperluas kemitraan global kami dengan Mercedes-Benz. Kami telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina,” kata Inchcape’s APAC CEO, Ruslan Kinebas dalam keterangan resminya, Selasa.

Baca juga: Inchcape dan Indomobil jadi pemegang merek Mercedes-Benz di Indonesia

“Indonesia adalah pasar prioritas bagi Inchcape dan saya semangat akan kesuksesan bersama Mercedes-Benz ke depannya di Indonesia,” tambah dia.

Dalam peralihan Mercedes-Benz di Indonesia, pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan alias tidak ada perubahan. Selain itu, karyawan-karyawan di sana juga akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru atau semua kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

“Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portfolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury.” ucap President Director of Inchcape Indonesia, Khoo Shao Tze.

Sementara itu, Presiden Direktur Indomobil, Jusak Kertowidjojo, menambahkan bahwa pihaknya berbangga hati dapat memiliki Mercedes-Benz sebagai bagian dari portfolio merek otomotif perusahaannya.

“Dengan menggabungkan pengalaman dan keahlian kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global milik Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan berkembang dan menjadi semakin besar di Indonesia,” jela Jusak.

Menurut CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II Amanda Zhang, dengan adanya kerjasama baru untuk pasar Indoensia, memberikan energi baru dan rasa percaya diri untuk merek asal Jerman tersebut dalam bersaing di pasar Indonesia yang diklaim menjadi pasar penting bagi pertumbuhan Mercedes-benz di dunia.

“Kami menargetkan perkembangan yang semakin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi,” ucap dia.

“Bersama Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra berpengalaman untuk melampaui harapan pelanggan kami dan membantu kami dalam melanjutkan perjalanan yang penuh keberhasilan di Indonesia,” tutup dia.