Waket DPRD apresiasi tim seni budaya Barsel raih prestasi internasional

id dprd barito selatan, wakil ketua dprd barsel, nyimas artika, tarian barito selatan, kbri new delhi, india, wadian dadas, Folk Dance Festival di Uttar

Waket DPRD apresiasi tim seni budaya Barsel raih prestasi internasional

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Nyimas Artika. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika mengapresiasi tim seni budaya kabupaten setempat yang berhasil meraih prestasi di tingkat internasional.
 
"Kita mengapresiasi tim seni budaya kabupaten ini meraih prestasi runner up atau juara II pada ajang Internasional Folk Dance Festival di Uttar Pradesh New Delhi, India beberapa waktu lalu," katanya di Buntok, Rabu.
 
Karena lanjut dia, prestasi yang telah diraih tersebut merupakan suatu kebanggaan negara Indonesia termasuk bagi Kabupaten Barito Selatan.
 
"Melalui ajang tersebut, kita juga dapat memperkenalkan seni budaya Indonesia khususnya seni dan budaya Kabupaten Barito Selatan di dunia internasional," ucapnya.
 
Selain itu, ia juga sangat bersyukur, karena tim seni budaya Barito Selatan mewakili Indonesia di ajang Festival tarian rakyat internasional.
 
"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah, Penjabat Bupati dan Ketua TP PKK Barito Selatan beserta seluruh masyarakat dan semua yang terlibat membantu, sehingga tim seni budaya Barsel bisa tampil hingga meraih prestasi," tuturnya.
 
Sementara Ketua TP PKK, Erna Ardiani sebelumnya mengatakan, sangat bersyukur, karena tim seni budaya asal Barito Selatan yang merupakan wakil Indonesia berhasil meraih juara II dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: DKPPP Barsel diminta terus meningkatkan jalan usaha tani
 
Ia mengatakan, dalam kegiatan yang diikuti 10 negara yang berasal dari benua Eropa dan Asia tersebut, tim seni budaya Barsel melalui Sanggar Tari Ranu Mareh menampilkan sejumlah tarian tradisional Dayak Ma'anyan.
 
"Adapun tarian tersebut yakni tarian tradisional Wadian Dadas, Wadian Bawo, dan Giring-Giring," jelas istri Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan ini.
 
Dalam ajang Internasional Folk Dance Festival atau festival tarian rakyat internasional yang berlangsung pada 16-21 Oktober 2023 itu juga lanjut dia, dirinya juga ikut menjadi penari pada tarian adat nusantara.
 
Pada kesempatan itu, Erna Ardiani mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Republik Indonesia untuk India dan Kerajaan Bhutan, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi beserta jajaran yang telah memfasilitasi dan membantu seluruh kegiatan tim seni budaya Barito Selatan selama di New Delhi India.
 
"Bahkan Duta Besar secara khusus menugaskan Hanafi selaku Minister Counselor Protokol, Sosial & Budaya - KBRI New Delhi dalam mendampingi dan mendukung tim seni budaya Barito Selatan saat tampil di acara tersebut," demikian Erna Ardiani.

Baca juga: Sekda Barsel minta perluasan dukungan posyandu

Baca juga: Tarian budaya asal Barsel raih runner up International Folk Dance Festival di India

Baca juga: Pemkab Barito Selatan-ANTARA tingkatkan sinergi, wujudkan pembangunan semakin baik