Pemkab Murung Raya terus tingkatkan SDM ratusan anggota Satpol PP

id Pemkab Murung Raya terus tingkatkan SDM ratusan anggota Satpol PP, kalteng, mura, murung raya

Pemkab Murung Raya terus tingkatkan SDM ratusan anggota Satpol PP

Pelaksana Tugas Sekda Murung Raya, Serampang mengalungkan tanda peserta kepada anggota Satpol PP dalam kegiatan pembukaan pelatihan dasar dan pembaretan yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang di Puruk Cahu, Rabu (8/11/2023). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) melaksanakan pelatihan dasar dan pembaretan terhadap ratusan anggotanya.

"Peserta dari Satpol PP sebanyak 156 orang, 10 orang petugas Damkar dan ditambah dari Satuan Pengamanan (Satpam) dari beberapa OPD (organisasi perangkat daerah) sebanyak 12 orang," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Murung Raya, K. Zen Wahyu di Puruk Cahu, Rabu.

Hal itu disampaikannya saat laporan pada kegiatan pembukaan Pelatihan Dasar dan Pembaretan Satpol PP dan Damkar serta Satpam Kabupaten Murung Raya tahun 2023 yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang.

Menurut Zen Wahyu, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggota Satpol PP dan Damkar serta Satpam yang ada di Kabupaten Murung Raya.

Untuk pelatih atau narasumber, Zen Wahyu mengatakan, selain dari pihaknya sendiri, juga dibantu aparat TNI Polri. Kegiatan ini  dilaksanakan selama empat hari.

Baca juga: Lasqi Murung Raya kirim peserta wakili Kalteng di lomba tingkat nasional

"Kurikulum pelatihan meliputi pengawalan pejabat, tindak pidana ringan, pelan serta fungsi Satpol PP, pelatihan Dalmas dan penanggulangan huru hara," ujarnya lagi.

Sementara itu Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Murung Raya, Serampang meminta kepada seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai.

Peserta diharapkan dapat memahami, mengetahui dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara benar, profesional dan proporsional, serta humanis yang memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia (HAM).

"Saya juga meminta agar satpol PP dalam menjalankan tugas tidak mengutamakan atau mengedepankan kekerasan dalam menegakkan peraturan di daerah, ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan peraturan, UU atau Perda baik itu provinsi, kabupaten dan kota," demikian Serampang.

Baca juga: Kadinkes Murung Raya: Daerah menjadi ujung tombak penurunan angka stunting

Baca juga: PUPR Murung Raya latih 21 orang calon operator excavator

Baca juga: Murung Raya kirim 70 peserta ikuti HSP dan IBAB tingkat provinsi