Pemkot Palangka Raya kembangkan budi daya padi perkuat ketahanan pangan

id Pemkot Palangka Raya ,ketahanan pangan,budi daya padi,Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya kembangkan budi daya padi perkuat ketahanan pangan

Penanaman perdana padi serindit di lahan di belakang Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Senin (9/10/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengembangkan budi daya padi sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan masyarakat setempat.

"Saat ini ada empat kelurahan yang menjadi target pengembangan tanaman padi yaitu Kelurahan Pager, Kelurahan Bukit Tunggal, Kelurahan Tumbang Tahai dan Kelurahan Pahandut," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Palangka Raya, Sugiyanto di Palangka Raya, Selasa.

Saat ini salah satu varietas pagi yang dibudidayakan adalah padi IR42. Jenis ini merupakan padi unggul dengan tekstur padi pera.

Budidaya padi di wilayah "Kota Cantik", meski masih skala kecil dan perlu diperluas lahannya, dinilai cukup berhasil dalam sisi jumlah atau kapasitas panen.

“Seperti contohnya, kita telah melaksanakan panen padi di Kelurahan Pager Kecamatan Rakumpit. Dengan jumlah 33 Kelompok tani yang ada di Wilayah Kecamatan Rakumpit saat ini kita terus mendorong dan mendukung kegiatan penanaman padi," katanya. 

Upaya itu, lanjut dia, sebagai upaya bersama mewujudkan kemandirian pangan dalam menghasilkan beras di Kota Palangka Raya, sehingga nantinya kita bisa produksi dan konsumsi beras secara mandiri.