DPKUKMP Palangka Raya tingkatkan kapasitas pengelola akuntansi koperasi

id DPKUKMP Palangka Raya,Disperindag Palangka Raya,Samsul Rizal

DPKUKMP Palangka Raya tingkatkan kapasitas pengelola akuntansi koperasi

Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal (kiri) mengecek ketersediaan beras di pasar tradisional yang ada di kota setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah meningkatkan kapasitas pengelola akuntansi atau pengurus administrasi koperasi di kota setempat.

"Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan sumber dana koperasi agar semakin efektif, efisien dan transparan. Muaranya adalah menjadikan koperasi menjadi sehat," kata Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal di Palangka Raya, Senin.

Selain itu, lanjut dia, pengurus koperasi juga harus mampu menganalisis pengeluaran dan pemasukan termasuk potensi pengembangan koperasi, sehingga semakin mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

"Kemampuan akuntansi bagi pengurus koperasi, terutama bagian administrasi sangat diperlukan agar pembukuan tercatat secara rinci, jelas dan sehat. Terutama dalam menganalisis mendalam sumber dana dan pengeluaran dan pengelolaannya," katanya.

Samsul Rizal menerangkan, upaya peningkatan pengelolaan akuntansi itu dilakukan melalui pelatihan akuntansi koperasi bagi puluhan pengurus koperasi se-Kota Palangka Raya yang digelar di kota setempat.

Selain itu, bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada di Kota Palangka Raya.

Samsul berharap melalui pelatihan ini akan meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM koperasi yang ada di Kota Palangka Raya. Sehingga mampu mengembangkan layanan koperasi yang berdaya saing dan dapat membantu kesejahteraan perekonomian anggotanya.