Pemkot Palangka Raya-HCCM kolaborasi peningkatan keamanan pangan UMKM

id pemkot palangka raya, hccm, mes kalteng, kalteng, kalimantan tengah, palangkaraya

Pemkot Palangka Raya-HCCM kolaborasi peningkatan keamanan pangan UMKM

Foto Arsip - Pemkot Palangka Raya-HCCM kolaborasi peningkatan keamanan pangan UMKM beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Mes Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palangka Raya dan Halal Center Cendekia Muslim (HCCM) Kalimantan Tengah berkolaborasi dalam upaya peningkatan keamanan pangan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
"Kolaborasi ini kami lakukan dengan melaksanakan bimbingan teknis terhadap para pelaku UMKM di Kota Palangka Raya," kata Kepala Perwakilan HCCM Kalteng, Nanang Fahrurrazi di Palangka Raya.
 
Dia mengatakan, bimbingan teknis yang difokuskan pada peningkatan keamanan pangan produk juga bertujuan meningkatkan daya saing dan menaikkan kelas UMKM.
 
“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya Bimtek KP bagi pelaku usaha UMKM misalnya dari Pj Wali Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan, BPOM, Masyarakat Ekonomi Syariah Kalteng dan G-Krafs Kalteng,” kata Nanang.

Baca juga: Dinas Perikanan tabur 14 ribu benih ikan di wilayah Danau Tundai
 
Menurut Nanang Bimtek KP ini salah satu kegiatan penting untuk UMKM naik kelas dengan mendapatkan sertifikat KP yang dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk mengajukan ijin edar SP-PIRT produk pangan UMKM.
 
Diharapkan dengan adanya izin edar dan legalitas halal tentunya pemasaran produk dari pelaku usaha UMKM semakin luas ke pasar modern. Selain itu dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat konsumen terhadap produk yang telah memiliki ijin edar dan halal.
 
Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari di aula PLUT Kalteng, Jalan MH Thamrin Palangka Raya. Jumlah peserta sebanyak 34 orang yang mengikuti kegiatan.
 
Peserta yang mengikuti pelatihan diseleksi oleh panitia dari HCCM Kalteng dan diprioritaskan bagi pelaku usaha yang telah memiliki legalitas halal.
 
Adapun narasumber bimtek dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, BBPOM Kalteng, MES Kalteng, G-Krafs dan HCCM Kalteng. Di akhir kegiatan diserahkan sertifikat bimtek KP bagi yang lulus post tes.

Baca juga: Antisipasi banjir, BPBD Palangka Raya fokus bersihkan drainase

Baca juga: Pemkot Palangka Raya upayakan peningkatan infrastruktur Danau Tundai

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan peran Poktan Tribina cegah stunting