Pemkab Kapuas optimalkan akselerasi SLRT Puskesos untuk tiga kecamatan

id pemkab kapuas, akselerasi slrt puskesos, sistem layanan rujukan terpadu pusat kesejahteraan sosial, penjabat bupati kapuas, erlin hardi, kapuas, kuala

Pemkab Kapuas optimalkan akselerasi SLRT Puskesos untuk tiga kecamatan

Pelatihan sumber daya manusia kelompok kerja (pokja) SLRT Puskesos, Kuala Kapuas, Senin (4/12/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, optimalkan akselerasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT Puskesos) untuk tiga kecamatan di daerah setempat.
 
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Senin, mengatakan, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi penduduk miskin dan rentan miskin adalah salah satu prioritas nasional pemerintah.
 
"Hal ini juga merupakan sebuah bentuk upaya kita dalam penanggulangan kemiskinan," katanya.
 
Hal itu dia sampaikan saat membuka kegiatan peresmian dan pelatihan sumber daya manusia kelompok kerja (pokja) akselerasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT Puskesos) untuk tiga kecamatan.
 
Dia menyampaikan saat ini pemerintah daerah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 
 
"Dengan adanya SLRT Puskesos ini diharapkan dapat mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan dan dipantau penanganannya untuk memastikan penanganan keluhan dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang di setiap jenjang," terangnya.

Baca juga: Legislator Kapuas minta Disperindagkop kendalikan harga sembako jelang Nataru
 
Adapun pelaksanaan SLRT Puskesos di Kapuas sudah berjalan sejak 2021. Pelaksanaan Puskesos di desa dan kelurahan sudah mulai berjalan pada Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat dan Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak. 
 
"Namun hal ini dirasa belum optimal, sehingga harus dilakukan upaya untuk mengoptimalkan fungsinya sehingga sesuai dengan yang diharapkan. Saya juga meminta agar upaya ini nantinya dapat dilaksanakan dan dikembangkan ke seluruh wilayah kecamatan dan desa," harapnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kapuas, Yanmarto menambahkan dalam kegiatan ini narasumbernya berasal dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Banjarmasin, Jazak Akbar Hidayat. 
 
"Agenda pelatihan mulai dari paparan tentang tugas fungsi SDM pelaksana SLRT Puskesos, lalu paparan tentang tata kelola DTKS dan P3KE dan juga diisi diskusi dan tanya jawab," jelasnya.
 
Adapun dalam kegiatan yang digelar Dinsos Kapuas ini peserta berasal dari tiga kecamatan, yaitu Selat, Mantangai dan Pulau Petak. Terdiri dari perangkat daerah terkait seperti kepala puskesmas, UPTD PPA, camat, lurah, kepala desa dan lainnya.

Baca juga: KPU Kapuas gandeng pers sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Suwarno Muriyat terpilih jadi Ketua LPTQ Kapuas periode 2023-2028

Baca juga: Implementasi Desa B2SA bangun budaya keluarga konsumsi pangan bergizi