Tim DAD Kalteng kenalkan pakaian adat Dayak di Expo Bali

id DAD Kalteng ,Wakil Ketua DAD Kalteng Walter S Penyang ,Tim DAD Kalteng kenalkan pakaian adat Dayak di Expo Bali,Palangka Raya

Tim DAD Kalteng kenalkan pakaian adat Dayak di Expo Bali

Pengurus DAD Kalteng ikut serta dalam pameran Indonesia Tourism dan Trade Investmen Expo 2023 yang digelar di Discovery Mall Bali, Kamis (7/12/2023). ANTARA/Humas DAD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah turut memperkenalkan pakaian adat dayak ke masyarakat saat mengikuti pameran Indonesia Tourism dan Trade Investmen Expo 2023, yang digelar di Discovery Mall Bali, yang juga diikuti sejumlah provinsi di tanah air.

Wakil Ketua Umum DAD Kalteng Walter S Penyang pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Kamis, mengatakan keikutsertaan DAD Kalteng dalam pameran expo di Bali untuk memperkenalkan secara luas budaya dan produk-produk khas Kalteng.

"Kami mengetahui Bali terkenal karena budaya dan wisatanya yang terjaga dengan baik. Adanya Pameran Indonesian Tourism dan Trade Investment Expo di Bali ini menjadi satu peluang dan kesempatan bagi kami untuk ikut serta, dalam rangka memperkenalkan budaya dan produk-produk khas Dayak Kalteng," kata Walter.

Dia menuturkan, apresiasi kepada Ketua Umum DAD Kalteng Agustiar Sabran yang support dan mendukung UMKM Kalteng untuk naik kelas dan go internasional.

"Kami optimis, melalui berbagai pameran expo, produk unggulan dan andalan Kalteng akan semakin dikenal luas. Kemudian juga kami ingin UMKM di Kalteng dapat naik kelas dan di kenal dunia," ucapnya.

Selain mengenalkan pakaian adat dan produk khas Dayak Kalteng, di stan DAD Kalteng juga memamerkan sangkarut, ewah, batik benang bintik, lawung, salutup (topi bulu burung), pakaian adat saat berburu, adat perkawinan, adat saat pesta adat dan berbagai produk kerajinan dari rotan dan purun khas Dayak Kalteng.

Baca juga: Sambut natal 2023, Pemprov Kalteng siapkan berbagai acara

Sementara itu Koordinator Tim DAD Kalteng Nataliasi menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 7-10 Desember 2023. Berbagai UMKM dari berbagai daerah ikut serta dalam kegiatan tersebut, termasuk beberapa UMKM binaan DAD Kalteng.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, UMKM Kalteng dapat naik kelas dan go internasional, khususnya UMKM di bawah binaan DAD Kalteng. Kami juga sampaikan, bahwa keikutsertaan DAD kali ini, karena dinilai sukses ikut serta pada Inacraft Oktober 2023 lalu," demikian Nataliasi.

Baca juga: Kehadiran Betang Badar di Pulpis dapat bantu hak-hak masyarakat

Baca juga: Ketua DAD Kalteng ajak pemilih pemula sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Pj Bupati Barut harapkan DAD berdayakan masyarakat hukum adat Dayak