Iluni UPR dukung optimalisasi lahan pertanian, wujudkan swasembada pangan nasional

id pemprov kalteng, iluni upr, nuryakin, sekda kalteng, ikatan alumni upr, universitas palangka raya, himpuni, swasembada pangan, ketahanan pangan, food

Iluni UPR dukung optimalisasi lahan pertanian, wujudkan swasembada pangan nasional

Ketua Iluni UPR, Nuryakin. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua Ikatan Alumni Universitas Palangka Raya (Iluni UPR) Nuryakin mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah dalam upaya mengoptimalkan lahan pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan secara nasional.
 
Nuryakin dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, gagasan besar swasembada pangan nasional sangat menarik apalagi jika dikaitkan dengan Kalimantan Tengah.
 
"Hal ini lantaran di Kalimantan Tengah ada program lumbung pangan atau food estate. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman juga datang langsung ke Kalimantan Tengah memastikan program tersebut terus berjalan serta bersama-sama kita sukseskan," jelasnya.
 
Nuryakin yang kini menjabat sebagai Sekda Kalimantan Tengah memaparkan hal tersebut usai menghadiri Sidang Tahunan Majelis Umum Himpuni di Bandung, Jawa Barat yang diselenggarakan Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni).
 
Dia mengatakan, Himpuni membahas sejumlah hal strategis, mulai dari teknologi, ekonomi, infrastruktur, hingga pendidikan, termasuk di antaranya tantangan dan persoalan swasembada pangan, maupun lainnya.
 
Nuryakin cukup memberikan perhatian kepada pokok bahasan swasembada pangan, sebab saat ini salah satu program strategis di Kalimantan Tengah adalah pengoptimalan pengembangan sektor pertanian maupun penguatan ketahanan pangan.
 
"Optimalisasi lahan pertanian harus mampu kita perkuat secara terus menerus, terutama dalam mengajak pemuda untuk menjadi petani milenial," tegasnya.

Baca juga: Datangkan David Klein, APAVMI Kalteng pacu peningkatan sdm pengelola audio video
 
Menurutnya merupakan salah satu poin penting agar generasi muda benar-benar terlibat dan difasilitasi dalam sektor pertanian, sehingga sdm yang Kalimantan Tengah miliki pada sektor ini dapat terus ada serta memiliki penerus dengan kualitas semakin baik dari waktu ke waktu.

Fasilitasi terhadap pemuda dalam sektor pertanian juga diharap semakin membuat sektor pertanian di Kalimantan Tengah terus maju serta berkembang, termasuk dalam pemanfaatan teknologi dalam mendukung pertanian.
 
"Kita harus bersama-sama mewujudkan generasi baru dari kalangan pemuda untuk terlibat aktif dalam sektor pertanian, yakni menjadi petani milenial Kalimantan Tengah yang maju serta sukses. Kami Iluni UPR siap berpartisipasi dan mendukung terwujudnya hal ini," ucapnya.

Baca juga: Dislutkan Kalteng-ITB bersiap optimalkan teknologi dan sistem dukung pengembangan kelautan perikanan

Baca juga: Shrimp Estate majukan sektor kelautan perikanan di Kalimantan Tengah

Baca juga: Berikut sejumlah target program Dinas ESDM Kalteng pada 2024