Wagub Kalteng: Lakukan langkah perbaikan dalam pengelolaan anggaran

id pemprov kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, tepra kalteng, biro adpim kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Wagub Kalteng: Lakukan langkah perbaikan dalam pengelolaan anggaran

Wagub Kalteng Edy Pratowo memberikan penghargaan kepada Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi yang memiliki salah satu capaian realisasi terbaik APBD, Palangka Raya, Kamis (18/1/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meminta kepada perangkat daerah lingkup provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota yang masih rendah realisasi anggaran agar melakukan langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan anggaran.
 
"Agar dapat mendukung pencapaian target realisasi yang telah ditetapkan tiap triwulan pelaksanaan anggaran,” katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Hal itu dia sampaikan di sela rapat Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.
 
Edy Pratowo menekankan upaya percepatan penyerapan anggaran sebagai salah satu yang mendapat perhatian serius, karena berdampak terhadap laju pembangunan, pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga pelayanan kepada masyarakat.
 
Untuk itu semua pihak harus mampu saling bersinergi mendorong percepatan realisasi anggaran melalui penyerapan secara cepat dan tepat, sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Untuk dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Baca juga: Iluni UPR dukung optimalisasi lahan pertanian, wujudkan swasembada pangan nasional
 
Perangkat daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota pun diminta mengoptimalkan belanja pengadaan barang dan jasa khususnya untuk produk-produk buatan dalam negeri.
 
Hal ini diperlukan karena dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional maupun daerah serta pertumbuhan industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kalteng Sri Widanarni menambahkan, rapat ini bertujuan memonitor dan mengevaluasi percepatan realisasi penyerapan anggaran yang telah dilakukan pemangku kepentingan.
 
Hingga pada akhirnya dapat terlaksana sesuai target yang telah ditetapkan, meliputi triwulan I sebesar 20 persen, triwulan II 50 persen, triwulan III 85 persen, dan 15 November tahun berjalan sebesar 100 persen fisik.

Baca juga: Datangkan David Klein, APAVMI Kalteng pacu peningkatan sdm pengelola audio video

Baca juga: Dislutkan Kalteng-ITB bersiap optimalkan teknologi dan sistem dukung pengembangan kelautan perikanan

Baca juga: Kalteng siap salurkan bantuan pangan 2024 kepada 113.880 penerima