Agustiar Sabran: Isra Mi'raj momentum tingkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

id DAD Kalteng,Agustiar Sabran ,Isra Mi'raj,Nabi Besar Muhammad SAW,Kalteng ,Palangka Raya

Agustiar Sabran: Isra Mi'raj momentum tingkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran mengatakan memperingati Isra Miraj yang jatuh pada 8 Februari 2024 tentunya dapat meningkatkan kecintaan manusia kepada Nabi Muhammad SAW.

"Selamat memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1445 Hijriah atau 8 Februari 2024. Memperingati Isra' Miraj Nabi Muhammad SAW atau yang sering disebut dengan Al-Isra Wal Mi'raj merupakan peristiwa yang melekat dengan kerisalahan Nabi Muhammad SAW," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, Isra Mi'raj adalah perjalanan Rasulullah SAW mendapatkan perintah shalat lima waktu. Secara khusus perintah shalat lima waktu itu, Rasulullah dapatkan saat dipanggil langsung oleh Allah SWT. Umat Muslim selalu menyambut hari peringatan Isra Miraj setiap tahunnya.

Baca juga: Agustiar Sabran: Perayaan Imlek momentum jaga keamanan dan kerukunan

"Semoga dengan peringatan Isra Miraj ini mampu mengingatkan kita sejatinya diri kita ini siapa, manusia ditugaskan sebagai apa, sehingga kita tidak sombong sekaligus kita juga percaya diri dengan amanah yang diberikan Allah," katanya.

Melalui Peringatan Isra Miraj juga mengajak seluruh umat Islam untuk dapat termotivasi dan terinspirasi dari peristiwa Isra Miraj. Peristiwa Isra Miraj merupakan saat dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Makkah ke Baitul Maqdis, kemudian ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah sholat lima waktu dari Allah pencipta semesta.

Agustiar menekankan, shalat adalah media untuk mencapai kesalehan antara seorang hamba dengan Allah sekaligus menjadi sarana untuk keseimbangan masyarakat yang egaliter, beradab, dan penuh kedamaian.

Baca juga: DAD Kalteng komitmen sukseskan Pemilu 2024

Karena sesungguhnya shalat yang dilakukan dengan khusyuk akan mencegah manusia dari berbuat keji dan munkar sehingga dalam konteks spiritual-imaniah maupun spiritual ilmiah.

"Saya juga mengingatkan bahwa bulan Ramadhan akan segera tiba. Oleh karena itu diharapkan bahwa peringatan Isra Miraj dapat dijadikan momen untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci tersebut. Mari kita jadikan sebagai ajang perbaikan sekaligus pengendalian diri," ungkapnya.

Dirinya juga berpesan, kepada para generasi muda disarankan selalu meneladani Akhlak dan kepribadian dari Nabi Muhammad SAW agar kedepan generasi muda kedepan benar-benar menjadi generasi yang memiliki ilmu agamis.

"Kalau apa yang dilakukan Nabi Muhammad selalu dilakukan anak muda, maka kebahagiaan dunia dan akhirat insya Allah akan didapatkannya," demikian Agustiar Sabran.

Baca juga: Anggota DPR: Waspadai gangguan kamtibmas jelang Pemilu 2024

Baca juga: Anggota DPR RI: Libatkan pemuda bangun daerah untuk kemajuan Kalteng

Baca juga: Anggota DPR salurkan 100 ton beras untuk terdampak banjir di Kalteng