KPU Kota Palangka Raya mulai distribusikan logistik pemilu

id Ketua Komisi Pemilihan Umum, KPU Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kalteng, Joko Anggoro, Palangka Raya

KPU Kota Palangka Raya mulai distribusikan logistik pemilu

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu bersama penyelenggara Pemilu dan Forkopimda melepas distribusi logistik Pemilu di halaman kantor KPU Kota Palangka Raya, Selasa (13/2/2024). ANTARA/Rendhik Andika.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Joko Anggoro menegaskan bahwa pihaknya bersama pihak terkait memastikan pendistribusian logistik pemilihan umum tahun 2024, yang mulai dilaksanakan hari ini.

"Kami akan memastikan logistik pemilu terkirim dan terdistribusi dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Joko Anggoro di Palangka Raya, Selasa.

Pihaknya juga akan memastikan distribusi logistik terkirim dengan aman, tepat kualitas, tepat tujuan, tepat jenis, tepat waktu.

"Pada tahapan ini, keamanan logistik dari ancaman kerawanan geografis dan cuaca telah kami antisipasi. Karena memang beberapa logistik untuk sampai ke TPS harus dikirim menggunakan angkutan air karena melintasi sungai," kata Joko.

Pernyataan itu disampaikan terkait dilaksanakannya distribusi logistik Pemilu yang secara simbolis dilakukan di halaman kantor KPU setempat dan lepas Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu didampingi penyelenggara Pemilu dan unsur forkopimda.

"Di Kota Palangka Raya terbagi menjadi tiga Dapil. Kita pun berharap semoga seluruh prosesi pemilu ini ini berjalan aman, lancar dan tertib tanpa adanya gangguan keamanan di tengah masyarakat," katanya.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, pentingnya kolaborasi antar semua pihak untuk menyukseskan seluruh tahapan Pemilu.

"Kami juga berharap kiranya tahapan pendistribusian hingga pemilihan dan tahapan selanjutnya dapat berjalan dengan lancar tiada suatu halangan apapun," katanya.

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Timur ikut musnahkan surat suara rusak

Sementara itu, pada Pemilu 2024, KPU Kota Palangka Raya, menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) setempat sebanyak 211.423 pemilih. Terdiri dari 104.994 pemilih laki-laki dan 106.429 pemilih perempuan.

Kemudian jumlah TPS di Palangka Raya adalah 827 TPS dengan rincian 823 reguler dan empat TPS Khusus. Dari jumlah TPS tersebut KPU Kota Palangka Raya juga telah merekrut 5.789 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara.

Baca juga: Pemkab Sukamara kawal kelancaran distribusi logistik pemilu

Baca juga: Pemkab Bartim optimalkan 702 petugas linmas sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Sekda Sukamara minta ASN tetap bersikap netral pada Pemilu 2024