Lansia di Gunung Mas semangat datang ke TPS gunakan hak pilih

id pemkab gunung mas, lansia gumas semangat gunakan hak pilih, kuala kurun, pemilih lansia, gumas, gunung mas, pemilu 2024

Lansia di Gunung Mas semangat datang ke TPS gunakan hak pilih

Itie Mangkin menunjukkan jari tertanda tinta usai menggunakan hak pilih di TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Itie Mangkin (82), warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengaku antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.
 
“Sejak memiliki hak pilih, saya tidak pernah absen mengikuti pemilu. Puji Tuhan saat ini saya masih bisa mengikuti Pemilu 2024,” ucapnya usai menggunakan hak pilih di TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Rabu.
 
Bagi perempuan kelahiran Desa Tumbang Manyangan Kecamatan Kurun ini, Pemilu 2024 menjadi pemilu yang memiliki arti tersendiri, sebab ada kerabatnya yang menjadi peserta pemilu.
 
“Apalagi pemilu ini serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden. Jadi tambah semangat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih,” kata Itie Mangkin yang saat ini berdomisili di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir.
 
Dia datang ke TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir dengan diantar menantunya sekitar pukul 08.00 WIB. Menantunya itu pula yang mendampingi saat dirinya menggunakan hak pilih.
 
Bagi dirinya, proses pencoblosan surat suara terbilang susah karena ada lima jenis surat suara, di mana beberapa di antaranya memiliki lembaran yang besar dengan banyak pilihan.

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan masyarakat sikapi perbedaan pilihan secara dewasa dan bijaksana
 
Contohnya pemilihan anggota DPRD kabupaten, yang memiliki banyak pilihan tanpa disertai foto, sehingga harus cermat sebelum mencoblos. Berbeda dengan pemilihan presiden dan wakil presiden yang relatif lebih mudah.
 
Kendati demikian, Itie Mangkin berhasil menggunakan hak pilih, baik untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPD RI, pemilihan anggota DPR RI, pemilihan anggota DPRD provinsi, dan pemilihan anggota DPRD kabupaten.
 
Sementara itu, menantu Itie Mangkin yakni Samuel (59) menyampaikan, mertuanya dalam kondisi sehat, sehingga bisa datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih.
 
“Saya juga menggunakan hak pilih di TPS 13 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir. Jadi setelah mendampingi ibu mertua, saya yang selanjutnya menggunakan hak pilih,” kata Samuel.
 
Untuk diketahui, Pemilu Serentak 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.
 
Daftar pemilih tetap (DPT) Gunung Mas untuk Pemilu Serentak 2024 tercatat sebanyak 90.918 pemilih. Sedangkan TPS berjumlah 390 dan tersebar di 127 desa/kelurahan di 12 kecamatan.

Baca juga: Pemkab perhatikan kesehatan anggota KPPS di Gunung Mas

Baca juga: Partisipasi masyarakat Gumas dalam Pemilu 2024 diharapkan capai 80 persen

Baca juga: Pemkab Gunung Mas izinkan TPS didirikan di fasilitas pemda