Begini cara prioritaskan kesehatan pascapersalinan

id melahirkan,persalinan,ibu hamil,kesehatan

Begini cara prioritaskan kesehatan pascapersalinan

Ilustrasi ibu melahirkan. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) -
Menyambut kehidupan baru ke dunia adalah perjalanan yang ajaib, dan sebagai ibu baru memprioritaskan kesehatan pascapersalinan sangat penting bagi diri dan bayi Anda.
 
Karena saat bugar, bisa menjadi fondasi kesejahteraan yang dapat memberdayakan Anda selama periode transformatif ini.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Rabu (21/2), Konsultan Psikiater dan Seks Dr Madhura Samudra, menyarankan ibu baru harus istirahat yang cukup. Ini sangat penting untuk pemulihan dan membantu mengatasi tuntutan fisik dan emosional sebagai ibu. Menciptakan sistem pendukung yang memberikan waktu untuk istirahat dan pemulihan sangatlah penting.

Baca juga: Terpapar polusi udara saat hamil bisa sebabkan bayi lahir lebih kecil
 
Selanjutnya, nutrisi memainkan peran penting dalam kesehatan pasca melahirkan. Pola makan seimbang yang kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin D, magnesium, makanan kaya zat besi, dan makanan yang mendukung laktasi, sangat penting bagi ibu dan bayi baru lahir.
 
Hidrasi juga penting, karena membantu produksi ASI dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.
 
Samudra juga mengatakan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau yoga pasca melahirkan, dapat membantu ibu baru mendapatkan kembali kekuatan dan energi. Aktivitas ringan seperti jalan kaki, gerakan memiringkan panggul, dan senam Kegel memberikan dasar yang kuat untuk latihan yang lebih intensif seiring kemajuan Anda.
 
Penting untuk memulainya secara perlahan dan secara bertahap meningkatkan intensitas olahraga untuk menghindari cedera dan mendukung proses pemulihan tubuh.

Baca juga: Hepatitis B bisa menular dari ibu hamil saat persalinan
 
Waspadai tanda-tanda nyata yang dapat menyebabkan depresi atau kecemasan pascapersalinan. Carilah bantuan profesional dan berinteraksilah dengan kelompok pendukung untuk lebih memahami emosi Anda.
 
Selain itu, meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas perawatan diri, baik itu mandi air hangat, membaca buku, atau sekadar tidur siang.
 
"Memberdayakan peran sebagai ibu memerlukan pendekatan holistik yang mencakup kesejahteraan fisik, emosional, dan mental. Dengan memprioritaskan kesehatan pasca melahirkan, para ibu dapat memastikan transisi yang lebih lancar menjadi orang tua dan membangun landasan yang kuat bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka," kata dr. Samudra.
 
Menetapkan rutinitas kebugaran yang konsisten memang bermanfaat, tetapi fleksibilitas juga sama pentingnya. Menjadi ibu itu dinamis, dan hari-hari tertentu mungkin lebih menantang dibandingkan hari-hari lainnya. Sesuaikan latihan agar sesuai dengan jadwal Anda, menumbuhkan pola pikir positif terhadap kebugaran.

Baca juga: Berikut manfaat kopi bagi wanita usai melahirkan

Baca juga: Wasir setelah melahirkan bisa sembuh sendiri

Baca juga: Perlukah jeda waktu berhubungan intim setelah melahirkan?