Begini tanggapan Jokowi terkait isu kenaikan harga beras

id harga beras,jokowi,presiden jokowi,harga sembako

Begini tanggapan Jokowi terkait isu kenaikan harga beras

Presiden Joko Widodo saat ditemui di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons pertanyaan wartawan mengenai isu kenaikan harga beras di pasar, yang menurut dia perlu dilihat fakta-faktanya di lapangan.

“Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu. Coba di cek di Pasar Induk Cipinang, cek. Coba di cek lagi, ke Pasar Johar, ini yang pasar-pasar beras itu di cek, harganya turun atau naik,” kata Presiden Joko Widodo kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai menghadiri acara Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2024 bertema “Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju“, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Harga beras merah di daerah ini Rp20.000 per Kg

Presiden Jokowi menekankan Ia selalu melakukan pengecekan harga beras setiap hari.

“Cek di Pasar Johar Karawang, naik atau tidak (harga beras), turun atau tidak. Karena harian itu saya cek dan saya selalu mendapatkan angka-angka,” katanya.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebelumnya mengatakan pemerintah membanjiri pasar tradisional dan ritel modern dengan beras Bulog atau beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebagai salah satu langkah menekan atau menurunkan harga beras.

Arief mengatakan, saat ini harga gabah sudah mulai terkoreksi, dari yang sebelumnya berkisar antara Rp8.000-Rp8.600, kini rata-rata nasional berada di angka Rp7.100. Menurut Arief, harga gabah tersebut mempengaruhi harga beras yang akan dijual di pasar.

Baca juga: Gerai TPID mampu intervensi inflasi di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kendalikan inflasi melalui pasar murah

Baca juga: Presiden minta jajarannya jaga stok dan harga pangan jelang Ramadhan