Rute baru Batik Air diharapkan jadi solusi mengurai pemudik Lebaran

id Rute baru Batik Air diharapkan jadi solusi mengurai pemudik Lebaran, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, ekonomi, penerbangan, mudik, lebaran, Ramadha

Rute baru Batik Air diharapkan jadi solusi mengurai pemudik Lebaran

Pesawat terbang Batik Air jenis Airbus A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah bersama Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun, terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi udara kepada masyarakat, terlebih menghadapi momen mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. 

"Kita terus melakukan koordinasi untuk memberikan pelayanan serta kemudahan untuk masyarakat, salah satunya yaitu dengan membuka rute penerbangan yang menghubungkan Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan beberapa bandara di Pulau Jawa," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotawaringin Barat Amir Hadi di Pangkalan Bun, Jumat.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi penerbangan yang dilayani maskapai Batik Air yaitu menghubungkan antara Bandara Iskandar Pangkalan Bun dengan Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Sebelumnya di awal Januari 2024 juga hadir penerbangan yang dilayani maskapai Citilink dengan rute penerbangan Pangkalan Bun-Jakarta dan juga sebaliknya.

"Rute baru ini diharapkan menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang merencanakan perjalanan selama momen Ramadhan, Lebaran dan liburan," ucapannya.

Baca juga: Pemudik di Pelabuhan Kumai diprediksi meningkat 20 persen

Menurutnya, momen Ramadhan merupakan waktu yang tepat dengan bertambahnya rute penerbangan yang dibuka oleh Maskapai Batik Air ini. 

"Semoga dengan bertambahnya rute baru ini dapat menjadi solusi dalam momen mudik Lebaran," disampaikannya.

Sementara itu, Kepala UPBU Iskandar Pangkalan Bun, Budi Setiawan menyampaikan, bahwa penerbangan Batik Air dengan rute Pangkalan Bun – Jakarta tersebut menggunakan pesawat Airbus A320.

“Pesawat Batik Air dengan tujuan Jakarta terjadwal tiba di Bandara Iskandar Pangkalan Bun pukul 07.15 WIB dan akan berangkat pukul 07.55 WIB,” demikian Budi Setiawan.

Baca juga: 947 PPPK Pemkab Kobar resmi bertugas

Baca juga: Kehadiran UP3 Pangkalan Bun diharap berdampak signifikan pada layanan ketenagalistrikan

Baca juga: Pemkab Kobar serahkan LKPD kepada BPK RI