Pemkab Gunung Mas pererat tali silaturahmi melalui Safari Ramadhan

id pemkab gunung mas, bupati jaya s monong, safari ramadhan, kuala kurun, gumas, gunung mas

Pemkab Gunung Mas pererat tali silaturahmi melalui Safari Ramadhan

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong menyampaikan sambutan saat Safari Ramadhan di Kelurahan Kampuri Kecamatan Mihing Raya, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mulai melaksanakan Safari Ramadhan yang dijadwalkan berlangsung di sembilan kecamatan, dalam rangka pembinaan kemasyarakatan khususnya di bidang keagamaan.
 
Bupati Gunung Mas Jaya S Monong di Kuala Kurun, Sabtu, mengatakan, Safari Ramadhan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.
 
“Saya berharap, melalui kegiatan Safari Ramadhan ini akan terjalin hubungan dan komunikasi langsung antara pemerintah daerah dengan masyarakat, khususnya umat muslim di Kecamatan Mihing Raya,” sambungnya.
 
Salah satu Safari Ramadhan yang telah dilaksanakan yakni di Kelurahan Kampuri Kecamatan Mihing Raya. Dengan dilakukannya komunikasi secara langsung antara pemerintah dengan masyarakat, diharap ada informasi, serta saran dan masukan yang konstruktif bagi pembangunan daerah.
 
Dia menegaskan, kegiatan keagamaan seperti Safari Ramadhan merupakan salah satu pendukung keberhasilan pembangunan, khususnya dalam mewujudkan salah satu program unggulan yakni smart human resources atau sumber daya manusia yang unggul.
 
Di sisi lain, dia meminta kepada masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa, agar menghormati dan menghargai umat yang sedang menjalankan ibadah puasa, sebagai wujud toleransi antar umat beragama
 
“Mari kita pupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan, kerukunan dan solidaritas yang tinggi, dalam menggalang rasa persatuan dan kesatuan umat beragama di kabupaten yang kita cintai ini,” kata Jaya.

Baca juga: Bupati berharap pengurus baru KONI Gunung Mas mampu jalankan amanah
 
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Gunung Mas Richard menyampaikan pemkab melaksanakan Safari Ramadhan di sembilan desa/kelurahan yang tersebar di sembilan kecamatan di kabupaten setempat, mulai 21-30 Maret 2024.
 
Safari rencananya akan dimulai di Masjid Al Ikhlas Kelurahan Kampuri Kecamatan Mihing Raya pada Kamis (21/3). Selanjutnya di Masjid Jami Nurul Hidayah Desa Tanjung Karitak Kecamatan Sepang pada Jumat (22/3).
 
Kemudian Safari Ramadhan berlanjut di masjid di Kelurahan Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu pada Sabtu (23/3), Masjid Shiratal Mustaqim Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan pada Minggu (24/3).
 
Tempat berikutnya yakni di Masjid Nuruh Huda Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat pada Senin (25/3), Masjid Al Muhajirin Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing pada Selasa (26/3).
 
Lalu di Masjid Darul Aman Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah pada Rabu (27/3), di Masjid Al’ Amin Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara pada Kamis (28/3).
 
“Terakhir di Masjid Agung Darun Najah Kelurahan Kuala Kurun Kecamatan Kurun pada Sabtu (30/3). Semua pelaksanaan Safari Ramadhan dimulai pada pukul 16.00 WIB,” demikian Richard.