Bupati Gunung Mas minta masyarakat hormati hasil Pemilu 2024

id Bupati Gunung Mas minta masyarakathormati hasil Pemilu 2024, kalteng, gumas, Gunung mas

Bupati Gunung Mas minta masyarakat hormati hasil Pemilu 2024

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong memberi keterangan kepada awak media di Kuala Kurun, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengajak seluruh masyarakat di daerah setempat untuk menghormati hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya harap semua masyarakat, khususnya di Gunung Mas, bisa menerima keputusan KPU tersebut dengan baik. Kita hormati apa yang telah ditetapkan oleh KPU,” ucapnya di Kuala Kurun, Kamis.

Di sisi lain, Jaya memahami jika ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu yang sudah ditetapkan KPU. Tentu ada mekanisme yakni Mahkamah Konstitusi, jika tidak puas dengan hasil tersebut.

Walau demikian, secara umum dia berharap semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik dan damai di Indonesia, termasuk di kabupaten bermoto’Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini juga berharap, presiden dan wakil presiden terpilih nantinya bisa mewujudkan visi dan misi yang telah disampaikan.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah berperan dan ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 di Gunung Mas.

Baca juga: TMMD diharapkan berdampak positif bagi masyarakat Gunung Mas

“Kita patut bersyukur Pemilu Serentak 2024 di daerah ini berjalan dengan baik, aman, lancar dan damai. Itu semua berkat kerja sama seluruh pihak, termasuk masyarakat,” kata Jaya.

Diberitakan sebelumnya, KPU RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.

Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

Baca juga: Wabup Gumas apresiasi tingkat partisipasi masyarakat Sepang di Pemilu 2024

Baca juga: Legislator Gunung Mas dukung pemberian cuti ayah bagi ASN

Baca juga: Wabup berharap indeks inovasi daerah Gunung Mas meningkat