Kepala OPD di Bartim harus proaktif cari solusi jika ada permasalahan di masyarakat

id barito timur, pj bupati barito timur, bartim, kalteng, kalimantan tengah, Indra Gunawan

Kepala OPD di Bartim harus proaktif cari solusi jika ada permasalahan di masyarakat

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan saat menyampaikan sambutan di acara buka puasa bersama seluruh kepala OPD dan masyarakat umum di kediamannya di Tamiang Layang, Kamis (28/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengingatkan sekaligus meminta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah kabupaten setempat, agar proaktif dalam mencari solusi berbagai permasalahan yang ditemukan di lapangan ataupun di masyarakat.

"Kepala OPD pun harus bahkan wajib turun ke lapangan, agar lebih memahami permasalahan yang muncul di masyarakat. Setelah itu segera cari solusinya," kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, kemarin.

Menurutnya, turun ke lapangan secara bertahap mulai ke kecamatan hingga langsung ke lokasi tujuan di lapangan. Dengan mengunjungi  lapangan maka  akan mudah memahami secara langsung permasalahan yang timbul dan mencari solusinya dengan cepat. Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bartim pun, jangan hanya mengandalkan informasi yang beredar. Sebab, banyak yang menyesatkan dan belum tentu sesuai kondisi di lapangan. 

"Jadi, dengan sering berkunjung ke kecamatan ataupun desa, kita bisa menyaring informasi tersebut, dan memahami permasalahan yang muncul di masyarakat, sehingga segera dicari solusi terbaik," kata Indra.

Selain memahami masalah langsung dan mencari solusinya, tambah Indra, dengan kunjungan ke kecamatan juga bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan pemerintah setempat dan masyarakat.

Pj Bupati Bartim itu pun mencontohkan, terkait perbedaan persepsi dalam hal batas wilayah dan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaa, sehingga menjadi diperlukannya seluruh OPD untuk menemui masyarakat secara langsung.

"Jangan hanya bekerja di kantor saja, tapi juga menemui masyarakat secara langsung," kata Indra.

Baca juga: Pemkab Barito Timur dapat kouta 2.777 formasi CASN pada tahun 2024

Sebelumnya, Pj Bupati Bartim melaksanakan buka puasa bersama di rumah jabatan, Kamis (28/3/2024). Di mana buka puasa itu tidak hanya dihadiri Forkompimda dan pejabat di lingkungan Pemkab Bartim, namun juga masyarakat umum dari semua golongan.

Tampak hadir Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, sejumlah Kepala OPD, Kepala Kemenag  Barito Timur, camat, lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, wartawan media cetak dan elektronik se-Kabupaten Barito Timur, serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim serahkan SK kepada ratusan PPPK

Baca juga: Dinkes Bartim periksa sejumlah makanan dan minuman di Pasar Ramadhan

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim: Safari Ramadhan ajang silaturahim sekaligus menyerap aspirasi