Forum Anak Daerah sampaikan aspirasi ke Pemkab Gunung Mas

id pemkab gunung mas, forum anak gunung mas, kuala kurun, gumas

Forum Anak Daerah sampaikan aspirasi ke Pemkab Gunung Mas

Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yolanda NM menyerahkan aspirasi kepada Wakil Bupati Efrensia LP Umbing di Kuala Kurun, Kamis (4/4/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Forum Anak Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menyampaikan lima aspirasi kepada pemerintah kabupaten setempat, yang diharap dapat membawa manfaat bagi anak-anak saat ini dan generasi selanjutnya.
 
Ketua Forum Anak Daerah Gunung Mas Yolanda Nabila Mudzalifah di Kuala Kurun, Jumat, mengatakan aspirasi pertama yakni memohon pemkab dan pemerintah kecamatan untuk menindaklanjuti pelaksanaan dan penegakan peraturan daerah kabupaten Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pencegahan Perkawinan Pada Usia Anak.
 
“Aspirasi selanjutnya memohon kepada pemkab dan pemerintah kecamatan untuk menyediakan ruang kreativitas anak pada fasilitas publik. Contohnya taman bermain yang ramah anak, taman baca, dan sarana prasarana olahraga,” sambung dia.
 
Kemudian kepada pemkab dan pemerintah kecamatan untuk mempertegas sanksi bagi masyarakat atau oknum yang melakukan perundungan.

Memohon kepada pemkab dan pemerintah kecamatan untuk memberikan fasilitas pendampingan bagi anak yang putus sekolah, misalnya pelatihan atau kursus sesuai kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: Puluhan warga Gunung Mas ikuti mudik gratis polres
 
Aspirasi terakhir yakni memohon kepada pemkab dan pemerintah kecamatan untuk mengadakan kegiatan tahunan yang sifatnya menarik bakat serta minat kaum muda dan remaja, sebagai kegiatan yang positif.
 
Forum Anak Daerah Gunung Mas menyampaikan aspirasi tersebut saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2025 serta Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045.
 
Ketua Forum Anak Daerah Gunung Mas Yolanda Nabila Mudzalifah, didampingi dua anggota yakni Ikia Nevada P Bahat dan Marcia Yoni Tesalonika, menyerahkan langsung aspirasi mereka kepada Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, yang didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) Yantrio Aulia.
 
Efrensia menyambut baik dan akan serius memperhatikan aspirasi yang disampaikan oleh Forum Anak Daerah Gunung Mas, karena anak merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan.
 
“Pemkab sebenarnya sudah melaksanakan berbagai aspirasi yang disampaikan oleh Forum Anak Daerah Gunung Mas. Namun ke depan akan kami tingkatkan lagi,” demikian Efrensia.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas rumuskan rancangan RPJPD 2025-2045

Baca juga: Wabup Gunung Mas minta camat pacu percepatan penyaluran dana desa

Baca juga: Polres Gumas siapkan tiga pos pengamanan selama Operasi Ketupat 2024