Ketua DPRD Gumas minta promosi produk UMKM diperkuat

id dprd gumas, ketua dprd gumas akerman sahidar, promosi produk lokal, umkm, kuala kurun, gunung mas

Ketua DPRD Gumas minta promosi produk UMKM diperkuat

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar meminta pemerintah kabupaten agar memperkuat promosi terhadap berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) daerah setempat.
 
“Baru-baru ini Pemkab Gumas mengikuti Kalteng Expo 2024 di Palangka Raya. Saya nilai itu bagus untuk mempromosikan produk UMKM kita dan promosi harus dilanjutkan,” ucap dia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.
 
Pria kelahiran Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat ini menyebut, promosi terhadap produk UMKM dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan, baik di dalam daerah maupun luar daerah.
 
Selain itu, tutur politisi PDI Perjuangan ini, promosi juga dapat dilakukan melalui media sosial. Terlebih promosi melalui media sosial memiliki keunggulan tersendiri karena dapat menjangkau pasar secara lebih luas.
 
“Manfaatkan berbagai sarana yang tersedia untuk mempromosikan produk-produk UMKM kita,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Baca juga: Legislator Gumas berharap FBIM tumbuhkan kecintaan terhadap budaya
 
Dia pun mengajak seluruh masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ mencintai dan menggunakan produk-produk lokal. Dengan demikian perekonomian serta kesejahteraan pelaku UMKM lokal dapat lebih baik lagi.
 
Sebelumnya, Pemkab Gumas memamerkan berbagai produk khas daerah setempat di ajang Kalteng Expo 2024 di Palangka Raya pada 11-15 Mei 2024. Salah satu produk yang dipamerkan pada ajang Kalteng Expo 2024 yakni benang bintik atau batik khas Gumas.
 
Bupati Gumas Jaya S Monong saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Minggu (12/5) mengatakan batik khas Gumas memiliki corak objek wisata yang ada di daerah setempat.
 
“Selain batik khas Gumas, pemkab juga memamerkan berbagai produk pelaku UMKM lokal. Ada produk-produk kerajinan tangan, makanan olahan, dan lainnya,” kata Jaya.
 
Pemprov menggelar Kalteng Expo 2024 sebagai salah satu upaya dalam mendukung sekaligus menyukseskan Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan memfasilitasi para pelaku UMKM dan IKM serta lainnya.
 
Kalteng Expo merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi yang pada tahun ini berusia ke-67 tahun.

Baca juga: Penggilingan padi modern tingkatkan kualitas hasil pertanian petani Gunung Mas

Baca juga: Program Ketapang Gaya mulai membuahkan hasil

Baca juga: Ketua DPRD Gumas: Kenaikan siltap dan tunjangan harus dibarengi peningkatan pelayanan