Pemkab Barut minta perusahaan utamakan menyerap tenaga kerja lokal

id dunia usaha barito utara,tenaga kerja,lokal,csr,barito utara,kalteng,barut

Pemkab Barut minta perusahaan utamakan menyerap tenaga kerja lokal

Penjabat Barito Utara Muhlis melaksanakan acara silaturahmi dan ramah tamah bersama pihak perusahaan yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Barito Utara di rumah jabatan bupati di Muara Teweh, Rabu (29/5/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, meminta kepada perusahaan yang menanamkan investasinya di daerah ini untuk mengutamakan menyerap tenaga kerja lokal setempat.

"Kami minta para investor yang ada di daerah ini agar bisa memberdayakan masyarakat setempat atau yang ada di sekitar lingkungan perusahaan," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis pada acara ramah tamah dan silaturahmi dengan dunia usaha yang ada daerah setempat di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, Kabupaten Barito Utara saat ini berkembang dengan sangat pesat, hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, tidak terkecuali dukungan dari perusahaan melalui dana bagi hasil pemerintah pusat yang diambil dari sumbangsih perusahaan yang membuka usaha di daerah ini,

Selain itu, katanya, bahwa peran perusahaan yang konkret juga sangat di harapkan melalui dana CSR yang perusahaan miliki, sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan dan keberlanjutan dengan lingkungan sekitar dan masyarakat setempat.

"Apabila pembangunan suatu daerah hanya bersumber atau mengandalkan dari APBD saja tentulah tidak dapat merangkul semuanya, oleh sebab itu disinilah peran dan sinergisitas antara pemda dengan pihak ketiga atau pihak perusahaan maupun dunia usaha lainnya," kata Muhlis.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Barito Utara meminta kepada perangkat daerah untuk terus jalin koordinasi dan sinergisitas dengan pihak perusahaan yang berkaitan tugas pokok dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Muhlis mengatakan bahwa peran perusahaan terhadap pembangunan di wilayah Barito Utara agar dapat ditingkatkan lagi, sudah semestinya  perusahaan yang berinvestasi dan beroperasi di wilayah ini harus memiliki tanggung jawab sosial terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi perusahaan.

Selain itu dapat mentaati dan memenuhi segala kewajiban perusahaan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengikat. 

Baca juga: Pj Sekda Barut hadiri pembukaan pelatihan kepemimpinan nasional di Jatim

“Sekali lagi saya atas nama masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya pimpinan perusahaan yang sudah melaksanakan hak dan kewajiban terhadap Pemkab Barito Utara dan masyarakat di daerah ini,” kata dia.

Pj Bupati menambahkan jika ada perusahaan yang belum memenuhi dan kewajiban kepada pemerintah daerah agar segera menindaklanjuti. 

"Semoga pertemuan yang singkat ini dapat meningkatkan jalinan silaturahim dan sinergisitas antara Pemkab Barito Utara dengan pihak perusahaan,” demikian Muhlis.

Baca juga: Pemkab Barut gelar pelatihan transformasi digital menuju koperasi modern

Baca juga: Juara umum FBIM, Barut dapat dana hibah pembangunan Rp25 miliar

Baca juga: Ketua DPRD Barut apresiasi empat bahasa daerah jadi mulok sekolah