DPRD siap dukung pembangunan kelistrikan di Barito Utara

id mery rukaini,ketua dprd,pembangunan kelistrikan,barito utara,barut,kalteng

DPRD siap dukung pembangunan kelistrikan di Barito Utara

Pj Bupati Barito Utara Muhlis dan Ketua DPRD setempat Hj Mery Rukaini setelah menghadiri kegiatan FGD Ketenagalistrikan yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM RI di Jakarta, Jumat (7/6/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Barito Utara,Kalimantan Tengah, Hj Mery Rukaini menyatakan dirinya beserta seluruh anggota DPRD setempat siap mendukung penuh pemerintah daerah dalam memajukan daerah setempat khususnya dalam pembangunan kelistrikan di daerah setempat.

"Selaku unsur pimpinan DPRD Barito Utara dan seluruh anggota, kami siap mendukung penuh pemerintah daerah untuk pembangunan kelistrikan di daerah ini,” kata Mery Rukaini saat menghadiri kegiatan tersebut bersama Pj Bupati Barito Utara Muhlis di Jakarta, Jumat. 

Menurut dia, saat ini APBD Barito Utara sudah bisa untuk penganggaran listrik desa, tetapi pihaknya tetap akan mencari aturan-aturan sehingga di kemudian hari tidak timbul masalah-masalah dalam penganggaran.

“Kita akan mencari aturan-aturan untuk bisa menganggarkan pembangunan kelistrikan di desa, hal ini nantinya agar tidak ada menimbulkan masalah-masalah," ucap Mery.

Dia mengatakan, di Barito Utara masih ada sebagian desa yang masih belum dialiri listrik. Dan ini merupakan tugas bersama yakni Pemkab Barito Utara bersama DPRD setempat. 

"Selama kepemimpinan Bupati dua periode  Nadalsyah (2013-2023) Kabupaten Barito Utara untuk capaian realisasi penyaluran listrik desa sudah mencapai 91,35 persen," kata Mery Rukaini. 

Ketua DPRD Barito Utara Mery Rukaini bersama Ketua Komisi III DPRD daerah itu Tajeri dan anggota DPRD lainnya Sofia serta Penjabat Bupati Muhlis menghadiri kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Kelistrikan yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM Republik Indonesia di Jumat (7/6/2024).

Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan pemerintah daerah tidak pernah lelah untuk bersama-sama membangun Barito Utara untuk lebih baik lagi ke depannya. 

"Kami siap membantu pembebasan lahan, mempersiapkan jalan dan jembatan dan lain-lain yang diperlukan untuk terealisasi saluran listrik di seluruh desa di wilayah Barito Utara,” kata Muhlis.

Pj Bupati Muhlis pada kesempatan itu menyampaikan ucapan ucapan terima kasih kepada anggota Komisi VII DPR RI, Dirjen Ketenagalistrikan, Kepala PLN wilayah Kalselteng, DPRD Barito Utara dan semua pihak atas dukungannya untuk tersalurkan jaringan listrik di seluruh Desa wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Terkhusus ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara periode 2013-2023  Nadalsyah yang kurang lebih 10 tahun terakhir ini membangun total kemajuan di wilayah Kabupaten Barito Utara, tidak terlepas masalah jaringan kelistrikan,” demikian Muhlis.