Pemkab Barito Utara tanam pohon untuk pemulihan lingkungan

id tanam pohon barito utara,hari lingkungan hidup sedunia,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara tanam pohon untuk pemulihan lingkungan

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis dan sejumlah pejabat setempat melakukan penanaman pohon untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Taman Wira Praja samping kantor bupati di Muara Teweh, Kamis (27/6/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan penanaman bibit pohon, di beberapa tempat dengan tujuan untuk pemulihan lingkungan di daerah setempat dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Kegiatan penanam pohon bersama ini merupakan salah satu bentuk pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis di Muara Teweh, Kamis.

Menurut dia, pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem serta pemulihan juga meningkatkan penyimpangan karbon memperlambat proses dampak akibat perubahan iklim.

Melalui penanaman pohon bersama ini nantinya diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk menyosialisasikan kepada pihak perusahaan yang melaksanakan investasi pertambangan.

"Kepada warga masyarakat di daerah ini untuk melaksanakan gerakan tanam pohon bersama di lahan yang dikelola oleh perusahaan dan masyarakat sehingga ekosistem di daerah ini dapat berkelanjutan untuk generasi penerus kita yang akan datang," kata Muhlis.

Dalam penanaman pohon bibit buah-buahan tersebut Pj Bupati Muhlis melakukan penanaman pohon di Taman Wira Praja di samping Kantor Bupati Barito Utara dan diikuti sejumlah pejabat setempat.

Baca juga: Pemkab Barito Utara latih UKM budi daya jamur tiram

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara  Inriaty Karawaheni mengatakan penanaman pohon ini untuk menghadirkan alam yang sehat sebagai bentuk edukasi bagi generasi muda untuk peduli dan merawat lingkungan di masa yang akan datang.

“Untuk Taman Wira Praja Muara Teweh di samping kantor bupati ini, Dinas Lingkungan Hidup menanam sebanyak 45 batang pohon berbagai jenis buah-buahan seperti pohon mangga, jambu cristal dan lainnya,” kata Inriaty Karawaheni. 

Baca juga: Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara pelatihan budi daya madu kelulut

Baca juga: Ketua DPRD Barut apresiasi konsultasi publik penyusunan KLHS RPJMD

Baca juga: Pj Bupati Barito Utara apresiasi PLN pasang SPKLU di Muara Teweh

Baca juga: DPRD HSU konsultasi ke Barito Utara terkait penyusunan RTRW