Legislator yakin UMKM di Palangka Raya bisa naik kelas

id Legislator yakin UMKM di Palangka Raya bisa naik kelas, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya

Legislator yakin UMKM di Palangka Raya bisa naik kelas

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung meyakini bahwa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini dapat berkembang hingga naik kelas.

"Tentu kami sangat mengapresiasi komitmen dari Pemerintah Kota yang terus berusaha dalam membuat UMKM di daerah ini dapat naik kelas," katanya di Palangka Raya, Minggu.

Dia menilai bahwa langkah pemerintah kota dengan kebijakan agar meningkatkan kapasitas dan daya saing pelaku UMKM dalam mendorong dan menggairahkan kegiatan perekonomian di Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut Nenie mengapresiasi langkah secara langsung pemerintah kota melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) yang telah secara berkala memberikan bantuan peralatan usaha kepada puluhan pelaku UMKM di Palangka Raya.

Dirinya menilai langkah tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM di daerah ini untuk bisa lebih berkembang. Untuk itu bantuan peralatan usaha diharapkan dapat terus dilakukan.

“Saya minta kegiatan itu tidak hanya sekali, tetapi akan dilaksanakan secara berkelanjutan, tidak hanya perlengkapan tetapi hingga permodalan. UMKM lebih maju dan meningkatkan taraf hidup,” ucapnya.

Baca juga: Kapolres Lamandau: Judi online dapat menyengsarakan

Menurut legislator partai PDI Perjuangan ini, adanya program pemberian bantuan merupakan salah satu cara meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM serta mendorong dan menggairahkan kegiatan perekonomian di Kota Palangka Raya yang tentu saja membutuhkan kerja sama dan kerja keras seluruh pemangku kepentingan.

Melalui keseriusan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di daerah ini, diyakini dapat mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Kota Palangka Raya.

“DPRD mendukung langkah itu, artinya sebagai bentuk perhatian serius dan komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya kepada pelaku usaha, dengan salah satu cara memberikan bantuan yang disalurkan melalui Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya berupa bantuan peralatan usaha untuk UMKM,” ujarnya.

Nenie juga berharap dengan adanya bantuan peralatan usaha secara berkala kepada pelaku UMKM, dapat terjadi peningkatan produksi, pengembangan usaha dan penambahan tenaga kerja.

Dirinya juga meminta pemerintah kota agar tidak henti-hentinya berupaya melakukan pemberdayaan kepada UMKM agar dapat naik kelas sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat.

”Konkretnya kami apresiasi dan itu luar biasa. Karena pelaku UMKM ini merupakan salah satu garda terdepan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Palangka Raya,” demikian Nenie A Lambung.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat sukseskan Pilkada 2024

Baca juga: DPRD Palangka Raya tekankan pentingnya peran guru dalam pendidikan

Baca juga: DPRD minta Pemkot Palangka Raya perhatikan kecamatan potensial di sektor pertanian