Pemkot Palangka Raya prioritaskan peningkatan layanan pendidikan-kesehatan

id palangka raya,kalteng,pendidikan,kesehatan

Pemkot Palangka Raya prioritaskan peningkatan layanan pendidikan-kesehatan

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo (kanan), Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu (tengah) dan Plh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kalteng Akhmad Husain di Palangka Raya, Rabu (17/7/2024). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadikan HUT ke-59 Pemkot Palangka Raya dan HUT ke-67 Kota Palangka Raya sebagai momentum untuk semakin meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat.

"Sektor layanan akan terus diperkuat. Seperti pendidikan dan kesehatan yang mendapatkan tempat prioritas paling utama karena itu indikator dari kualitas dari Kota Palangka Raya,” kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan, kedua layanan tersebut berkenaan dengan layanan dasar pemerintah terhadap masyarakat yang wajib dipenuhi secara proporsional adil dan merata serta berkualitas.

Di antara upaya peningkatan layanan tersebut salah satunya dilakukan dengan meningkatkan akreditasi rumah sakit umum daerah (RSUD) milik pemerintah kota setempat.

Pada sektor pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya juga telah memberikan pelatihan upaya penanganan siswa berkebutuhan khusus kepada 500 orang lebih guru di wilayah setempat.

"Saya sendiri juga akan terus memantau kinerja dinas teknis agar terus berinovasi dan berkreasi untuk terus memberikan layanan terbaik, adil dan merata serta profesional kepada masyarakat," kata Hera.

Baca juga: Ketua DPD Golkar Palangka Raya kantongi surat rekomendasi DPP Perindo

Pernyataan itu diungkapkan wanita berhijab itu terkait upacara peringatan HUT ke-59 Pemerintah Kota Palangka Raya ke 59 dan HUT ke-67 Kota Palangka Raya di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya.

"Seluruh rangkaian perayaan ini sudah kami laksanakan sejak beberapa bulan lalu, dan setiap kegiatan memiliki tujuan untuk kebaikan dan kemajuan Kota Palangka Raya," katanya.

Hera menekankan, bahwa momentum peringatan ini harus menjadi kesempatan bagi Palangka Raya untuk berbenah dan memperkuat sinergi dengan seluruh stakeholder, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kota.

“Tentunya di hari ini juga kita berharap menjadi momentum Kota Palangka Raya untuk berbenah lebih bersinergi dengan seluruh stakeholder, dengan seluruh jajaran pemerintahan baik pusat, provinsi maupun kota,” katanya.

Dia mengatakan, refleksi diri dan evaluasi sangat penting untuk mempercepat pembangunan kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi momentum ini sangat penting untuk kita merefleksikan diri kembali Kota Palangka Raya mungkin ada banyak yang menjadi pr untuk lebih mempercepat pembangunan Kota Palangka Raya, dan kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya,” kata Hera.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meminta Pemerintah Kota Palangka Raya untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat.

"Pemkot Palangka Raya juga harus terus berkolaborasi dengan berbagai instansi dan unsur pemerintah potensial guna mewujudkan visi dan misi pemerintahan secara utuh," kata Edy.

Dia pun menyebut kolaborasi antara Pemerintah Kota Palangka Raya dan Pemprov Kalteng dalam penyelenggaraan layanan dan pemerintahan cukup baik.

"Seperti misalnya kolaborasi penanganan infrastruktur dan penanganan kebersihan dan lingkungan yang kita lakukan bersama-sama. Palangka Raya adalah cerminan Provinsi Kalteng, maka kerja sama ini harus diperluas," kata Edy.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta siapkan strategi hadapi era sulit

Baca juga: Warga Palangka Raya usia 106 tahun dapat prioritas perekaman E-KTP

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tebar 100.000 bibit ikan betok di Danau Teluk