BPBD Kobar gerak cepat tangani kebakaran lahan di sejumlah lokasi

id pemkab kobar, kebakaran hutan, kebakaran lahan, karhutla, pangkalan bun, kotawaringin barat

BPBD Kobar gerak cepat tangani kebakaran lahan di sejumlah lokasi

Tim TRC BPBD Kobar saat melakukan pemadaman kebakaran lahan, Minggu (20/7/2024). (ANTARA/BPBD Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melaksanakan penanganan pemadaman kebakaran lahan di wilayah setempat sejak awal Juli 2024.
 
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan di Pangkalan Bun, Senin, mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kobar bersama personel gabungan dari beberapa instansi bergerak menangani kejadian karhutla di Jalan Juhar dan Jalan Holing RT 01, Desa Kubu, Kecamatan Kumai. Kurang lebih tujuh hektare lahan habis terbakar.
 
“Berdasarkan laporan personel Masyarakat Peduli Asap (MPA), api terlihat pada Jumat di malam hari. Usai berkoordinasi, tim menuju lokasi kejadian esok harinya untuk melakukan penanganan,” kata Martogi.
 
Dia menyampaikan, setelah pihaknya melakukan pemadaman dan pendinginan, dalam perjalanan bersama tim gabungan kembali menemukan lahan terbakar tidak jauh dari lokasi pertama.
 
“Namun karena kondisi sudah tidak memungkinkan, maka penanganan dilanjutkan hari selanjutnya” ucapnya.

Baca juga: BKPSDM Kobar minta ASN terus tingkatkan kompetensi di era digital.
 
Dia menjelaskan yang menjadi kendala pada proses pemadaman kebakaran tersebut yaitu kondisi angin yang cukup kencang.
 
“Selain angin yang cukup kencang, di titik kedua di Jalan Holing sumber airnya sangat minim. Hingga tim harus mencari sumber air lain,” terangnya.
 
Lanjutnya, lokasi kedua dinyatakan padam setelah penanganan pada hari Minggu kemarin. Kendati sudah padam tim tetap melakukan pemantauan untuk mengantisipasi potensi api menyala kembali.
 
Sejak awal Juli, Kobar sudah memasuki musim kemarau. Martogi pun mengajak setiap elemen masyarakat maupun instansi agar bisa berkoordinasi terkait pengawasan wilayahnya dari kejadian karhutla.
 
BPBD Kobar juga telah menggencarkan publikasi dan sosialisasi siaga karhutla, mulai dari pemasangan baliho imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar.
 
"Baliho imbauan tersebut kita pasang di lokasi yang sering terjadi karhutla," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrul Laji.
 
Selain pemasangan baliho, BPBD Kobar juga mensosialisasikan dalam kegiatan pertemuan bertajuk Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana di beberapa Desa dan Kelurahan wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca juga: Pemkab bersama Baznas Kobar salurkan santunan kepada anak yatim

Baca juga: Pj Bupati: Turnamen sepakbola perlu rutin dilaksanakan di Kobar

Baca juga: Satpol PP Kobar amankan dua pengemis dengan keuntungan Rp800 ribu dalam waktu 2 hari