Bea Cukai dan ekspedisi kerja sama cegah peredaran rokok ilegal

id Bea Cukai Madura ,rokok ilegal,kalteng, ekspedisi

Bea Cukai dan ekspedisi kerja sama cegah peredaran rokok ilegal

Petugas Bea Cukai Madura menyimpan rokok ilegal dari hasil operasi pemberantasa rokok ilegal yang digelar di Kabupaten Sampang, Jawa Timur pada 15 Juli 2024. (ANTARA/ HO-Cukai Madura)

Pamekasan (ANTARA) - Kantor Bea Cukai Madura bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi guna mencegah peredaran rokok ilegal yang dikirim ke luar Pulau Madura melalui perusahaan jasa tersebut.

Menurut Kepala Seksi Kepatuhan dan Penyuluhan Kantor Bea Cukai Madura Andru Iedwan Permadi di Pamekasan, Minggu, kerja sama antara Bea Cukai dengan perusahaan ekspedisi itu, menyusul adanya temuan kasus pengiriman rokok ilegal yang dikirim melalui perusahaan jasa tersebut.

"Atas dasar itu, maka kami berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan jasa ekspedisi di Pamekasan dan tiga kabupaten lain di Madura, yakni Sumenep, Sampang dan Bangkalan," katanya.

Selain dengan perusahaan ekspedisi, Bea Cukai Madura juga melakukan pendekatan khusus dengan sopir dan kondektur bus.

"Sebab sebagian dari temuan yang kami ungkap, sebagian pengiriman rokok ilegal ke luar Madura ada yang dititip melalui bus," katanya, menambahkan.

Bea Cukai Madura, menurut dia, juga melakukan sosialisasi secara khusus kepada sopir bus dan pimpinan perusahaan jasa ekspedisi di Kabupaten Sampang.

"Selain meminta untuk tidak menerima titipan pengiriman rokok ilegal, kami juga menyampaikan sosialisasi tentang ketentuan rokok ilegal dan dampak negatifnya kepada para pihak yang terlibat," katanya.

Sementara itu, selama 2023, Bea Cukai Madura berhasil menggagalkan peredaran rokok yang tidak dilekati pita cukai itu sebanyak 26,8 juta batang dengan nilai kerugian negara mencapai Rp21,4 miliar lebih.