Pemprov Kalteng optimalkan pengimplementasian PIR dukung pertumbuhan investasi

id pemprov kalteng, dpmptsp kalteng, sistem informasi potensi investasi regional, pir, investasi kalimantan tengah

Pemprov Kalteng optimalkan pengimplementasian PIR dukung pertumbuhan investasi

DPMPTSP Kalteng menggelar sosialisasi dan pelatihan PIR, yang dirangkai dengan kegiatan rapat akhir penyediaan peta potensi dan peluang usaha provinsi 2024, Palangka Raya, Rabu (7/8/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoptimalkan pengimplementasian Potensi Investasi Regional (PIR) dalam mendukung perkembangan ekonomi daerah melalui pertumbuhan investasi.

"Sistem Informasi PIR memuat informasi profil daerah, seperti data demografi, komoditas, pendapatan dan Upah Minimum Regional (UMR), hingga infrastruktur pendukung," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng Sri Widanarni di Palangka Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, PIR merupakan sistem informasi berbasis geospasial untuk potensi dan peluang investasi di Indonesia yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM RI.

Keberadaan PIR dinilai sangat strategis, sebagai pendukung upaya promosi dan penyajian data terkini untuk memberi ragam informasi mengenai kewilayahan daerah, seperti karakteristik kedaerahan, potensi, peluang investasi serta data dukung lainnya.

"Karena sebagai salah satu instrumen penting dalam meningkatkan perekonomian suatu wilayah, penanaman modal tak hanya memerlukan perencanaan investasi yang baik, namun juga sangat memerlukan promosi. Maka dalam hal ini diperlukan Sistem Informasi PIR," tuturnya.

Baca juga: Kalteng siap gelar MTQ VII Nasional, diikuti ribuan peserta

Untuk itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalteng melaksanakan sosialisasi dan Pelatihan PIR, yang dirangkai dengan kegiatan rapat akhir penyediaan peta potensi dan peluang usaha provinsi 2024.

Dia mengatakan, agar pengimplementasian PIR bisa optimal di Kalteng diperlukan peran aktif masing-masing admin dan operator PIR kabupaten/kota yang ditunjuk, untuk melakukan pemuktahiran data-data yang termuat di PIR tersebut, sehingga informasinya selalu diperbaharui dan tidak ketinggalan dibandingkan daerah lainnya.

Kepala DPMPTSP Kalteng Sutoyo, sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Penanaman Modal Eka menambahkan, penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan ini untuk menyampaikan pemahaman dan deskripsi mengenai PIR kepada pejabat teknis pengembangan potensi daerah kabupaten/kota se-Kalteng.
 
"Termasuk memberi ketrampilan dan kemampuan penginputan pemuktahiran data-data dan informasi potensi dan peluang investasi daerah bagi calon admin dan calon operator PIR, agar mampu dan dapat melakukan pemuktahirannya masing-masing secara mandiri," terangnya.

Diharap data-data serta informasi dalam rangka penyempurnaan dan pemantapan peta potensi dan peluang usaha di Kalteng semakin tersedia optimal, sehingga memberi hasil maksimal.

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Kalteng kembali terima insentif fiskal

Baca juga: Kalteng optimalkan poslap cegah hingga tangani karhutla

Baca juga: FSQ ke-11 lestarikan seni qasidah di Kalimantan Tengah