Puskesmas Rabambang juara 1 lomba inovasi daerah Gumas 2024

id Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden, Gunung Mas, Gumas, Kalteng

Puskesmas Rabambang juara 1 lomba inovasi daerah Gumas 2024

Pj Bupati Gumas Herson B Aden (tengah) berfoto bersama Kepala Puskesmas Rabambang Sri Lastari dan pegawai Puskesmas Rabambang Lisa Evangelista, usai penyerahan piala dan piagam penghargaan di Kuala Kurun, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden mengucapkan selamat kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rabambang Kecamatan Rungan Barat, yang berhasil menjadi juara 1 lomba inovasi daerah tingkat kabupaten tahun 2024.

Puskesmas Rabambang juga sebelumnya menjadi juara 1 kategori inovasi penerapan pada tahun 2022-2023, kata Herson usai penyerahan piala dan piagam penghargaan kepada para pemenang di Kuala Kurun, Sabtu.

"Artinya inovasi yang mereka hasilkan bisa diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Dia menjelaskan, Puskesmas Rabambang menjadi juara 1 usai mendapat skor 930 dari inovasi Jumpa Segar. Jumpa Segar merupakan akronim dari Jumat Pagi Skrining Kesehatan, Edukasi Kesehatan dan Senam Kebugaran.

Sebagai juara 2 adalah Puskesmas Tewah usai mendapat skor 909 dengan inovasi Cerita Gumas. Cerita Gumas merupakan akronim dari Cegah, Hindari, Atasi Generasi Untuk Masalah Stunting. Sedangkan juara 3 ada dua perangkat daerah yang memiliki nilai sama sebesar 889, yakni Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Disdikpora Gumas mendapat skor 889 dengan inovasi Merdeka Hati, sedangkan DPU mendapat skor yang sama 889 dengan inovasi strategi peningkatan layanan infrastruktur menunjang pariwisata melalui pembangunan kolaboratif.

"Saya harap ini akan memacu ASN Pemkab Gumas untuk terus berinovasi, sekaligus mengimplementasikan inovasi yang telah dihasilkan tadi. Setelah itu harus dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi," kata Herson.

Selain kategori inovasi penerapan tahun 2022-2023, ada juga pemenang lomba inovasi daerah kategori ide inovasi tahun 2024-2025. Adapun sebagai juara 1 yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan dengan inovasi Si-Wadi atau Sistem Pengawasan Digita.

Selanjutnya juara 2 adalah Puskesmas Kurun Kecamatan Kurun dengan inovasi Huma Karigas Jiwa. Juara 3 juga diraih Puskesmas Kurun, dengan inovasi Gerakan Layanan Asuhan Dalam Aksi Nyata ASI Eksklusif yang disingkat Ela Laya.

Baca juga: Pj Bupati Gumas pastikan harga bapok di Kuala Kurun stabil

Sementara itu, Kepala Puskesmas Rabambang Sri Lastari menjelaskan, keberhasilan mereka menjadi juara 1 kategori inovasi penerapan tahun 2022-2023 karena konsisten dalam melaksanakan inovasi Jumpa Segar.

Dalam inovasi Jumpa Segar, pegawai Puskesmas Rabambang setiap Jumat Pagi rutin melaksanakan skrining kesehatan, edukasi kesehatan dan senam kebugaran, dengan sasaran masyarakat di wilayah Kecamatan Rungan Barat.

"Kami selalu konsisten, disiplin dan aktif melaksanakan inovasi Jumpa Segar. Karena itu masyarakat di wilayah Rungan Barat menjadi tertarik dan mau ambil bagian mengikuti inovasi tersebut," demikian Sri Lastari.

Baca juga: HUT RI perkuat sinergi tingkatkan kesejahteraan masyarakat Gumas

Baca juga: HUT ke-79 RI momentum masyarakat Gumas berbenah

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas berharap harmonisasi pembangunan infrastruktur semakin meningkat