Halikinnor-Irawati berlanjut, Supian Hadi berikan dukungan penuh

id Halikinnor-Irawati berlanjut, Supian Hadi berikan dukungan penuh, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Halikinnor, harati

Halikinnor-Irawati berlanjut, Supian Hadi berikan dukungan penuh

Tangkapan layar - Supian Hadi saat menyatakan dukungannya kepada pasangan Halikinnor dan Irawati atau Harati untuk maju pada Pilkada 2024, Senin (26/8/2024). ANTARA/HO

Sampit (ANTARA) - Sinyal pasangan petahana Halikinnor dan Irawati (Harati) berlanjut dan akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah semakin kuat dan mendapat dukungan dari politisi PDIP Supian Hadi.

“Saya Supian Hadi berpesan kepada seluruh masyarakat Kotim, hari ini saya menyatakan Harati jilid 2 berlanjut untuk membangun Kotim yang lebih baik lagi dan menjadi Kotim Hebat,” kata Supian Hadi di Jakarta, Senin.

Pernyataan pria yang menjabat Bupati Kotim Periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini terekam dalam sebuah video di sela cara pengumuman bakal calon kepala daerah yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP).

Dalam video tersebut Supian Hadi itu menggenggam tangan Halikinnor dan Irawati sembari membuat pernyataan. Lalu, video diakhiri dengan ketiga kader PDIP itu bersama-sama menyuarakan “Harati Lanjutkan”.

Dukungan Supian Hadi yang merupakan kakak kandung Irawati itu agar pasangan Harati berlanjut ke jilid II, bukan pertama kalinya. Dalam beberapa kesempatan ia juga menyampaikan harapan agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kotim yang saat ini menjabat itu tetap solid dan rukun.

Sementara itu, pengumuman bakal calon kepala daerah usungan PDIP dibagi dalam beberapa gelombang. Sampai berita ini ditulis pengumuman bakal calon kepala daerah Kotim yang direkomendasikan PDIP belum diumumkan. 

Kendati demikian, PDIP dikabarkan hampir dapat dipastikan mengeluarkan rekomendasi untuk Halikinnor-Irawati.

Baca juga: Simulasikan Sispamkota, Polres Kotim siap amankan Pilkada 2024

Sebelumnya, Halikinnor telah menerima rekomendasi dari tiga partai politik, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. 

Akan tetapi, yang direkomendasikan ketiga partai tersebut Halikinnor berpasangan dengan Suprianti, politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Rekomendasi Partai Nasdem diserahkan pada Rabu (21/8), yang ditandai dengan penyerahan dokumen model B1-KWK dari Partai Nasdem oleh pengurus DPP Nasdem Koordinator Wilayah Kalimantan, Syarif Abdullah.

Kemudian, rekomendasi PKB pada Kamis (22/8), yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Desk Pilkada PKB, Zainul Munasichin. Lalu Jumat (23/8), rekomendasi dari Partai Demokrat yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, di Jakarta.

Dari rekomendasi tiga partai politik tersebut Halikinnor dan Suprianti mengantongi dukungan 10 kursi di DPRD Kotim, yakni Nasdem dua kursi, PKB lima kursi dan Demokrat tiga kursi. 
 
Sekretaris Partai Demokrat Kotim, Sihol Parningotan Lumban Gaol menyampaikan bahwa Demokrat menaruh harapan besar kepada Halikinnor dan Suprianti pada dan memenangkan keduanya pada Pilkada Kotim 2024.

Belum diketahui nasib wacana pasangan Halikinnor-Irawati atau Halikinnor-Suprianti. Semua akan menjadi terang benderang ketika Halikinnor dan pasangannya didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum setempat oleh partai politik pengusung mereka. Pendaftaran dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

Baca juga: Penetapan pimpinan definitif DPRD Kotim tunggu keputusan parpol

Baca juga: Wakapolda Kalteng pastikan kesiapan Kotim hadapi Pilkada

Baca juga: Demokrat rekomendasikan Halikinnor-Suprianti maju di Pilkada Kotim