Legislator Palangka Raya komit perjuangkan pemerataan pembangunan setiap wilayah

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jati Asmoro, Palangka Raya, Kalteng

Legislator Palangka Raya komit perjuangkan pemerataan pembangunan setiap wilayah

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jati Asmoro. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jati Asmoro menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk terus berjuang dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah setempat.

"Komitmen itu untuk membawa perubahan signifikan bagi wilayah-wilayah yang jauh dari pusat kota, seperti Kecamatan Rakumpit, Bukit Batu dan sekitarnya," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Legislator Palangka Raya yang baru dilantik untuk periode 2024-2029 itu pun menyebut, pembangunan di bawah kepemimpinan wali kota sebelumnya sudah berjalan dengan baik, dan ia sepenuhnya mendukung upaya tersebut.

Namun, ia menekankan perlunya peningkatan dan perhatian lebih terhadap fasilitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, terutama di daerah-daerah yang belum sepenuhnya menikmati hasil pembangunan.

"Ada sekolah-sekolah yang kurang diperhatikan di daerah terpencil sehingga para siswa kurang maksimal dalam melaksanakan proses belajar," ucapnya.

Jati juga menyoroti pentingnya akses internet sebagai bagian dari fasilitas pendidikan di era digital saat ini, hal ini dikarenakan berbagai tugas siswa yang kerap dicari melalui internet.

Untuk itu ia berharap Pemerintah Kota dapat mengalokasikan dana untuk memperluas jaringan internet hingga ke daerah-daerah terpencil, mengingat kebutuhan belajar anak-anak di sana sangat bergantung pada akses internet yang memadai.

"Anak-anak di daerah terpencil juga berhak mendapatkan fasilitas belajar yang sama. Saat ini, jangankan internet, sinyal pun masih sulit dijangkau di beberapa wilayah. Inilah yang menjadi perhatian kita, bagaimana memastikan pemerataan pendidikan melalui penyediaan akses internet," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-UMPR kerja sama kajian pengentasan kemiskinan

Selain itu, Politisi Partai Gerindra ini menambahkan bahwa layanan kesehatan juga perlu mendapat perhatian khusus, menurutnya fasilitas dan akses kesehatan yang memadai sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan kuat. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dapat terus mengupayakan pemerataan fasilitas kesehatan di wilayah-wilayah terpencil tersebut.

"Dalam hal kesehatan, fasilitas dan layanan yang baik sangat penting. Kita berharap pemerintah bisa mengalokasikan dana atau mencari upaya lain untuk memastikan masyarakat di daerah terpencil mendapatkan akses yang setara dengan di kota," demikian Jati.

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya gencar bantu tingkatkan kualitas produk UKM

Baca juga: Pemkot pastikan karhutla tidak berdampak pada sektor pertanian di Palangka Raya

Baca juga: Legislator Palangka Raya berjuang tingkatkan pemberdayaan perempuan dan UMKM di Palangka Raya