Pengembangan olahraga tanggung jawab bersama, kata Legislator Palangka Raya

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo, Palangka Raya, Kalteng

Pengembangan olahraga tanggung jawab bersama, kata Legislator Palangka Raya

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo menekankan bahwa pengembangan olahraga merupakan tanggung jawab bersama, baik itu pemerintah daerah, KONI dan masyarakat.

"Jadi pengembangan olahraga di Palangka Raya tidak bisa diserahkan kepada satu pihak saja, tetapi bersama-sama dengan stake holder lain," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Legislator Palangka Raya itu pun mengakui bahwa KONI merupakan salah satu lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang, untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan program serta pembinaan terkait olahraga. Namun kondisi tersebut tidak serta merta menyerahkan segala tanggung jawab kepada KONI untuk mengembangkan olahraga di Kota Palangka Raya.

"Karena memang yang dibina oleh KONI, yakni cabang olahraga yang berprestasi. Bagaimana dengan pelajar? itu ranahnya Dispora Kota Palangka Raya, tentu kami di legislatif selalu mendorong dinas terkait untuk melihat peluang dari pelajar di bidang olahraga," ucapnya.

Untuk itu, Sigit meminta kepada pemerintah daerah dapat lebih memberikan ruang kepada atlet muda di Kota Palangka Raya untuk dapat lebih berkembang. Hal ini mengingat atlet muda di Kota Palangka Raya selalu menjadi juara di berbagai event, salah satunya event O2SN, baik di tingkat provinsi dan nasional.

"Ini harus diapresiasi bahwa mereka memiliki kemampuan yang luar biasa di tengah keterbatasan yang ada. Ini perlu mendapat perhatian, tapi ranah dan tanggung jawab KONI berbeda, makanya perlu bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya komit perjuangkan pemerataan pembangunan setiap wilayah

Politisi PDI Perjuangan ini meyakini, bahwa para pelajar memiliki semangat dan kemampuan yang tinggi di bidang olahraga serta diyakini mampu menjadi atlet penerus di Kota Palangka Raya.

Anggota DPRD Palangka Raya dua periode itu pun mengajak seluruh atlet muda, agar tidak mudah menyerah dan selalu mengasah kemampuan dan keterampilan agar kedepan dapat menjadi atlet profesional yang handal serta mengharumkan nama Kota Palangka Raya.

"Atlet muda kita ini hebat-hebat kok, jangan remehkan mereka. Berbagai kejuaraan sudah pernah dimenangkan, hanya perlu perhatian lebih agar mereka dapat terus berjuang di dunia olahraga," demikian Sigit Widodo.

Baca juga: Pemkot pastikan karhutla tidak berdampak pada sektor pertanian di Palangka Raya

Baca juga: Legislator Palangka Raya berjuang tingkatkan pemberdayaan perempuan dan UMKM di Palangka Raya

Baca juga: Pembahasan tatib DPRD Kota Palangka Raya ditunda hingga awal September 2024