Pemkab Pulang Pisau beri dukungan atlet Kalteng di PON

id Pemkab Pulang Pisau beri dukungan kepada atlet Kalteng di PON, kalteng, Pulang Pisau, olahraga

Pemkab Pulang Pisau beri dukungan atlet Kalteng di PON

Asisten II Setda Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni bersama para pemenang lomba senam kesegaran jasmani tingkat pelajar memeriahkan peringatan HAORNAS di kabupaten setempat. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Deni Widanarni mengatakan momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024 ini menjadi lebih istimewa karena bersamaan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

“Kita berharap para atlet Pulang Pisau yang menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Tengah dapat menorehkan prestasi yang terbaik dan membuat bangga masyarakat terkhusus bagi masyarakat Pulang Pisau,” kata Deni Widanarni di Pulang Pisau, Jumat.

Mewakili Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, dirinya mengatakan bahwa peringatan Haornas juga merupakan momentum peningkatan prestasi para atlet beberapa cabang olahraga, khususnya atlet di kabupaten setempat. Peringatan ini mencerminkan komitmen untuk terus membina dan mengembangkan minat olahraga di berbagai kalangan masyarakat.

“Tema ayo berolahraga bersatu kita juara, merupakan sebuah momen penting bagi bangsa Indonesia dalam mengenang sejarah panjang olahraga nasional yang telah diraih,” katanya 

Haornas telah menjadi simbol penting dari perkembangan olahraga di Indonesia. Peringatan ini bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat di masyarakat.

Baca juga: Temui pengurus partai, ASRI targetkan 40 persen suara Pulang Pisau

Terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Olahraga Nasional (DBON) dan lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, diharapkan mampu memberikan kontribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

Menurutnya, pemerintah setempat mendukung dan berupaya terciptanya atlet-atlet  berprestasi yang bisa mewakili dalam kancah multi event, baik regional maupun nasional melalui program-program yang berkesinambungan di antaranya olahraga prestasi, pendidikan olahraga masyarakat. Program tersebut diharapkan mampu mewujudkan atlet berprestasi di masa mendatang.

Pelaksana Tugas Kepala Disbudporapar Kabupaten Pulang Pisau Reliasi mengungkapkan pencapaian olahraga di kabupaten setempat setiap tahun menunjukkan grafik yang cukup menggembirakan.

Menurutnya, pada 1-8 November 2024 mendatang kabupaten setempat melepas sebanyak tujuh atlet untuk mengikuti Pra Popnas untuk cabang olahraga sepak takraw, pencak silat, tinju, dan bola voli. 

“Dalam PON ada sebanyak lima atlet yang dipilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah,” demikian Reliasi.

Baca juga: DPRD Pulang Pisau beri penghormatan terakhir ke James Patrick

Baca juga: Legislator Pulang Pisau James Patrick's tutup usia

Baca juga: Polres Pulang Pisau beri pengawalan pasangan bakal calon kepala daerah