KPU Katingan targetkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 80 persen

id Komisi Pemilihan Umum Katingan, KPU Katingan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, KPU, Katingan

KPU Katingan targetkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 80 persen

Paslon Bupati/wakil Bupati yang menjadi peserta Pilkada Katingan di Kasongan, belum lama ini. ANTARA/Naslee.

Kasongan, Katingan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menargetkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 sebanyak 80 persen.

"Memang agak sangat berat, akan tetapi kita yakin dan mampu," kata Ketua KPU Kabupaten Wahyuni di Kasongan, Selasa.

Untuk itu, KPU Katingan mengajak masyarakat setempat yang sudah terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), benar-benar menggunakan hak pilihnya untuk bisa datang ke TPS pada Pilkada tanggal 27 November 2024.

Dia mengungkapkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten katingan sebanyak 126,084 orang, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 65,518 dan pemilih perempuan sebanyak 60,566 yang ditetapkan KPU sebelumnya sudah final.

"Apabila seandainya ada tambahan, pihak KPU akan masukkan di Daftar Pemilih Tambahan (DPTB)," kata Wahyuni.

Dia mengatakan, tahap saat ini pada Pilkada di Kabupaten Katingan adalah masa kampanye. Kegiatan kampanye dari tanggal 25 September sampai dengan 23 November 2024 atau sekira selama 60 hari.

"Sementara, terkait laporan dana kampanye bagi semua Paslon sudah diterima oleh KPU," katanya.

Wahyuni pun mengakui pada sidang pleno terbuka pengundian nomor urut yang dirangkai Deklarasi Kampanye Damai, pada pelaksanaan Pilkada Serentak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2024, ditetapkan ada tiga pasangan calon peserta.

Baca juga: Pemkab Katingan usulkan relokasi rumah sakit masuk RPJMN

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Katingan atas nama Sakariyas-Endang berhasil mendapat nomor urut 1, Paslon Suhaemi-Nikodemos nomor urut 2, dan Paslon Saiful-Firdaus nomor urut 3.

"Sudah kita saksikan dan tetapkan bersama hasil pengambilan nomor urut pasangan calon," kata Ketua KPU Katingan Wahyuni.

Sidang pleno terbuka di halaman kantor KPU setempat tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Katingan didampingi 4 Komisionernya yaitu Ovi Monita, Didun Niaton, Krisfiatno dan Habibi Mubarak. Kemudian dihadiri sejumlah Kepala OPD, Forkopimda, serta para pendukung dari setiap pasangan calon.

Wahyuni mengatakan pengambilan nomor antrian berdasarkan waktu kehadiran pada saat pendaftaran pada tanggal 29 Agustus 2024 waktu lalu yaitu pertama pasangan Saiful-Firdaus, kedua pasangan Sakariyas-Endang Susilawatie dan ketiga pasangan Suhaemi-Nikodemos.

Baca juga: Tiga paslon peserta Pilkada Katingan resmi ditetapkan

Baca juga: Pemkab Katingan dukung Bank Kalteng terus meningkatkan layanan

Baca juga: ASN Pemkab Katingan diingatkan disiplin tingkatkan kualitas kerja