DPKUKMP Palangka Raya gencarkan pasar murah jaga stabilitas harga pangan

id DPKUKMP Kota Palangka Raya,Kepala DPKUKMP Palangka Raya Samsul Rizal ,Harga Bahan Pangan ,Stabilitas Harga Pangan

DPKUKMP Palangka Raya gencarkan pasar murah jaga stabilitas harga pangan

Operasi pasar murah yang menjual elpiji 3 kg gencar dilaksanakan oleh DPKUKMP Kota Palangka Raya bersama sejumlah stakeholder di daerah setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terus menggiatkan pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan di daerah setempat.

Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal di Palangka Raya, Minggu, mengatakan langkah tersebut dilakukan bertujuan agar masyarakat di daerah setempat tidak panik atau gusar ketika terjadi harga yang tidak stabil di pasar tradisional.

"Program pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Palangka Raya terhadap masyarakat dalam memperoleh bahan pangan dengan mudah dan harga murah, melalui DPKUKMP Kota Palangka Raya," kata Samsul Rizal.

Orang nomor satu di lingkup DPKUKMP Kota Palangka Raya itu menegaskan, pihaknya bersama stakeholder terkait dalam menjaga stabilitas harga sangat penting untuk memastikan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan beberapa langkah yang biasanya diambil meliputi pengawasan pasar, memantau harga bahan pangan dan hal lainnya secara berkala untuk mencegah fluktuasi yang ekstrem.

Selanjutnya, kerjasama dengan pihak terkait, yakni bekerja sama dengan produsen, distributor, dan pedagang untuk menjaga rantai pasokan yang efisien.

DPKUKMP Kota Palangka Raya juga melakukan intervensi harga hal itu jika diperlukan, sehingga operasi pasar untuk menstabilkan harga dengan cara mengeluarkan stok cadangan atau memberikan subsidi.

Selain itu, pihaknya juga melakukan edukasi masyarakat langkah itu memberikan informasi kepada masyarakat tentang harga dan produk yang ada di pasar untuk mengurangi spekulasi.

"Banyak hal kami lakukan termasuk pengaturan kebijakan berupa mengeluarkan regulasi yang mendukung kestabilan harga. Secara nyata hal itu dilakukan untuk masyarakat Kota Palangka Raya," demikian Samsul Rizal.

Untuk Oktober 2024, DPKUKMP Kota Palangka Raya juga sudah menjadwalkan operasi pasar murah baik itu bahan pangan maupun elpiji subsidi 3 Kg. Operasi pasar tersebut dilakukan ke sejumlah kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya, dengan tujuan agar masyarakat merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.