Pemkot Palangka Raya diminta kembangkan pariwisata berbasis komunitas

id Pemkot Palangka Raya diminta kembangkan pariwisata berbasis komunitas, kalteng, Palangka raya, wisata

Pemkot Palangka Raya diminta kembangkan pariwisata berbasis komunitas

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Rana Muthia Oktari. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rana Muthia Oktari meminta pemerintah kota setempat mengembangkan pariwisata berbasis komunitas di daerah ini.

"Dalam hal pengembangan ini, pemerintah bisa memberikan kesempatan bagi warga setempat turut berpartisipasi langsung pada pengelolaan dan promosi tempat wisata," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa dengan memberikan peran kepada masyarakat tentunya warga mendapatkan edukasi seputar pentingnya objek pariwisata di Kota Palangka Raya.

Selain itu, upaya tersebut juga dinilai akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan manfaat ekonomi berdasarkan peningkatan objek pariwisata itu.

“Kami juga akan memastikan keberlanjutan lingkungan dalam setiap proyek pariwisata agar setiap langkah yang diambil tidak hanya berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, namun juga pada keindahan alam,” ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR RI: Aktifkan kembali poskamling cegah aksi pembakaran rumah kosong

Untuk itu, dirinya menekankan pentingnya kolaborasi yang dilakukan antara berbagai sektor dalam perkembangan sektor pariwisata di "Kota Cantik" Palangka Raya ini.

Rana meyakini, adanya sinergi tersebut diperlukan untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata di Kota Palangka Raya yang kaya akan keindahan alam.

"Pariwisata ini merupakan salah satu sektor penting loh untuk menunjang pendapatan asli daerah kita. Jangan sampai kita sepelekan ini, karena pariwisata ini memiliki multi efek," ujarnya.

Lebih lanjut srikandi Partai NasDem ini mengungkapkan, bahwa pengembangan pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab bersama, termasuk juga masyarakat.

Untuk itu demi mewujudkan sektor pariwisata yang hebat, pihaknya berencana membentuk sebuah forum diskusi dan pelatihan. Tujuannya untuk mengumpulkan semua pihak terkait perumusan strategi pengembangan pariwisata secara lebih efektif dan efisien.

“Kami ingin mendengar masukan dari semua pihak serta membahas berbagai ide dan inovasi yang bisa diterapkan dalam rangka meningkatkan daya tarik wisata di wilayah Palangka Raya,” demikian Rana.

Baca juga: Tim UMPR dampingi guru SD implementasikan Kurikulum Merdeka

Baca juga: Dosen Universitas PGRI Palangka Raya canangkan gerakan Makan Kelakai-Bajei cegah stunting

Baca juga: BPJS Kesehatan sediakan layanan administrasi program JKN di MPP