Teras Narang raih penghargaan Rekan Terinspiratif dari Lemhannas RI

id penghargaan Teras Narang, Senator RI asal Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, Teras Narang, Teras Narang raih penghargaan, kalteng, kalimantan te

Teras Narang raih penghargaan Rekan Terinspiratif dari Lemhannas RI

Senator RI asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang (tengah) saat menerima penghargaan dari Lemhannas RI sebagai Rekan Terinspiratif di Jakarta, MInggu (27/10/2024). ANTARA/Tim Terang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator RI asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang meraih penghargaan dari Lembaga Pertahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), untuk kategori Rekan Terinspiratif.

Penghargaan itu diberikan usai penutupan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Bagi Anggota DPD RI periode 2024-2029, kata Teras Narang melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Senin.

"Dari 152 orang yang mengikuti kegiatan itu, saya dan Letjend Purn TNI AL Nono Sampono mendapatkan penghargaan dari Lemhannas RI," ucapnya.

Namun dibalik perolehan penghargaan sebagai Rekan Terinspiratif tersebut, Anggota Komite II DPD RI ini mencoba untuk merenung sejenak sembari berpikir, apakah yang telah dilakukan dirinya selama mengikuti kegiatan dari tanggal 20/10/2024 sampai dengan 27/10/2024 tersebut.

Teras Narang mengakui sejak dimulainya kegiatan sampai akhir kegiatan, dirinya berupaya untuk datang tepat waktu dan pulang sampai berakhirnya kegiatan. Selama proses pemaparan materi, dirinya juga berupaya mengikuti dengan baik, mendengar, mencatat, serta menyampaikan pertanyaan terhadap hal-hal yang dirasa perlu didalami.

"Bagi saya, apa yang saya ditanyakan dan kemukakan, termasuk dijawab oleh penyaji, bukan semata jadi kepentingan saya. Tetapi juga saya harapkan dapat menjadi materi yang berguna bagi kepentingan para anggota DPD, masyarakat, bangsa dan negara, serta sebagai materi yang bermanfaat bagi LEMHANNAS RI.

Mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu menyatakan bahwa secara pribadi, dirinya tidak pernah terpikir dibenaknya untuk memperoleh penghargaan. Tetapi itu semua dilakukan karena menyadari bahwa pada saat sekarang ini, tantangan bangsa dan negara Indonesia cukup besar, bukan saja secara internal, tetapi juga secara eksternal.

"Tantangan tersebut wajib kita ikuti dan pahami bersama, mengingat ke depan bangsa dan negara kita akan mengalami bonus demografi. Bangsa ini hendak pula menuju tahun emas pada tahun 2045 yang akan datang. Sebuah peluang dan harapan yang tak mudah," kata Teras Narang.

Baca juga: Presiden RI resmi berganti, pemimpin itu melayani bukan dilayani 

Sekali lagi dirinya berterima kasih pada penilaian kolega di DPD RI dan LEMHANNAS RI, karena boleh memperoleh penghargaan tersebut. Dia berharap ke depan DPD RI akan mampu memberikan banyak kemanfaatan bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta pembangunan nasional secara berkeadilan, berkelanjutan, dan berkemanfaatan bagi negara kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.

Dia mengatakan, secara khusus pada  peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2024, saya berharap para anggota DPD RI dari kalangan pemudi-pemuda yang kini banyak mewarnai lembaga ini, bisa jadi inspirasi selanjutnya. Bisa jadi teladan perubahan dan kelak pada waktunya menjadi inspirasi perubahan daerah masing-masing.

"Mari kita bersama, berkolaborasi, dan bergotong royong membangun daerah kita masing-masing, demi kejayaan Indonesia," demikian Teras Narang.

Baca juga: Kemiskinan masih 9,03 persen, tugas pemerintah menyongsong Indonesia Emas 2045 tak mudah

Baca juga: Pilkada 2024 ajang rakyat perkuat otonomi daerah, kata Teras Narang

Baca juga: DPD RI harus fokus dan mempertajam mengawal kepentingan daerah, kata Teras Narang