Pemkab Serahkan Qurban Kepada Pengurus Masjid Lamandau

id sapi, Pemkab Serahkan Qurban Kepada Pengurus Masjid Lamandau

Pemkab Serahkan Qurban Kepada Pengurus Masjid Lamandau

Ilustrasi, (Istimewa)

Nanga Bulik (Antara) – Pemerintah Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah menyerahkan 13 ekor hewan qurban kepada sejumlah pengurus masjid untuk dibagikan kepada masyarakat miskin dan kaum dhuafa di kabupaten tersebut, Jumat.

Ke-13 ekor hewan qurban tersebut diserahkan secara simbolis oleh Asisten-I Setda Lamandau Drs Tahan mewakili Buputi Ir Marukan untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah dan dibagikan kepada masyarakat miskin dan kaum dhuafa daerah itu.

“Penyerahan hewan qurban ini bukan sekadar simbolisasi, tapi mempunyai makna kebersamaan bahwa pemerintah memiliki kepedulian terhadap orang kurang mampu yang membutuhkan, saling menolong, dan saling mengasihi,“ kata Bupati Lamandau Ir Marukan seperti dikutip Drs Tahan.

Yang terpenting dibalik acara ini, kata Drs Tahan, hewan qurban sampai kepada mereka yang sangat membutuhkan, fakir miskin dan kaum duafa, katanya pada acara penyerahan yang berlangsung didua lokasi, yakni di peternakan Bukit Pandau dan Logpon Kujan.

Oleh sebab itu, kepada bapak atau ibu pengurus masjid dan pihak lainnya yang menyalurkan bantuan hewan qurban ini diminta dapat menyampaikannya kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Sapi qurban ini jangan dinilai dari jumlah banyak atau sedikitnya tetapi yang penting maknanya. Sapi ini juga sudah memenuhi standar sesuai hukum agama, segi kesehatan, dan usia. Sebelum penyerahannya, sapi sudah diperiksa tim kesehatan distanakan,” katanya.

Pemerintah kabupaten pemekaran sekitar 12 tahun silam itu menyerahkan sebanyak 13 ekor sapi yang kepada masyarakat melalui sejumlah masjid dan organisasi kemasyarakatan di daerah tersebut.

“Delapan ekor sapi yang diserahkan kepada pengurus masjid Raudhatul Jannah dan masjid Awaliyah Kelurahan Nanga Bulik, masjid Riyadlus Solihin UPT Bayat Kecamatan Belantikan Raya, masjid Al-Amanah UPT. Tapin Bini Kecamatan Lamandau, masjid Simpang Empat Beruta Kecamatan Bulik, masjid Desa Rimba Jaya Kecamatan Sematu Jaya, Setda dan Polres,“ paparnya.

Lima ekor sapi lagi diserahkan kepada pengurus masjid Muhajirin Kudangan, Ponpes Sabilun Wuqtakin Km 18 Bukit Jaya Bulik Timur, masjid desa Sukamaju Kecamatan Bulik Timur, masjid Baitul Huda Kelurahan Nanga Bulik dan Sekda.