Pemkab Pulpis Melebihi Target PIN Polio

id pulpis, PIN POLIO Pulpis, Nunu Andriani, Pemkab Pulpis Melebihi Target PIN Polio, PKK pulpis, Ketua PKK Pulpis Nunu Andriani

Pemkab Pulpis Melebihi Target PIN Polio

Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani Pratowo (empat dari kiri) bersama sejumlah pengurus dan kader. (FOTO ANTARA Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Hj Nunu Andriani Pratowo mengungkapkan bahwa dari hasil kerjasama pemberdayaan kader PKK bersama Dinas Kesehatan, daerah setempat melebihi target jumlah balita dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang ada di daerah itu.

"Pulang Pisau berhasil melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 8.478 bayi balita dan dapat terlaksana sebanyak 9.020 bayi balita," kata Nunu Andriani, di Desa Sigi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulpis, Rabu.

Ia optimis kesatuan gerak PKK dan lintas sektor  pemerintahan merupakan modal kuat untuk kesuksesan pembangunan daerah dalam semua sektor. 

Selain PIN,  kata Nunu,  juga anyak prestasi yang telah diraih oleh PKK Kabupaten Pulang Pisau, baik tingkat provinsi maupun nasional. Diantaranya,  menjadi juara pertama HATINYA PKK tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan selanjutnya menjadi nominasi tingkat nasional. Demikian dengan Desa Sigi Kecamatan Kahayan Tengah yang mengikuti lomba PKK-KKBPK-Kes yang sudah menjadi perwakilan Kalimantan Tengah.

Dirinya juga memberikan isyarat kepada para kader PKK agar menjadi motor penggerak di masyarakat. “Para kader, mempunyai tugas masing masing, diantaranya ada yang sebagai kader PAUD, Dasawisma, BKB, BKR, BKL, dan Posyandu,” ucapnya.

Daerah setempat, kata Nunu Andriani, memiliki 8 kecamatan, 95 desa, dan 4 kelurahan. Sesuai dengan peraturan pemerintah untuk bisa mewujudkan 1 desa 1 PAUD,  tentunya perlu dukungan semua pihak.
  
Salah satunya dalam hal ini, PKK ikut memberikan kontribusi dalam mewujudkan program tersebut sehingga Pulang Pisau sudah memiliki 186 lembaga PAUD, 162 Posyandu, selain terdapat sebanyak 90 kelompok BKB, 8 kelompok BKR, dan 6 kelompok BKL.