Akreditasi Salah Satu Bukti Kredibilitas dan Kualitas Suatu Perguruan Tinggi

id Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, akreditasi, Akreditasi Salah Satu Bukti Kredibilitas dan Kualitas Suatu Perguruan Tinggi

Akreditasi Salah Satu Bukti Kredibilitas dan Kualitas Suatu Perguruan Tinggi

Rektor UM Palangka Raya, Dr Bulkani M.Pd (kiri) bersama Kepala Sub Bagian, Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Drs Imam Suharto MM (kanan) saat acara wisuda di aula UM Palangka Raya, Sabtu (21/10/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kopertis wilayah 11 Kalimantan terus mendorong seluruh universtas di wilayah setempat untuk mengakreditasikan seluruh program studi dan institusinya.

"Karena akreditasi merupakan sebagai salah satu bukti kredibilitas dan kualitas suatu perguruan tinggi," kata Kepala Sub Bagian, Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Drs Imam Suharto MM di Palangka Raya, Sabtu.

Pernyataan itu diungkapkan Imam dalam sambutan di acara wisuda di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).

"Bukti maju dan berkualitasnya perguruan tinggi salah satunya ditunjukkan dengan akreditasi. Semakin baik nilai akreditasi maka semakin diakui perguruan tinggi itu," katanya.

Untuk itu, dia pun meminta Universitas Muhammadiyah Palangka Raya terus meningkatkan akreditasi institusi dan program studi yang dimiliki.



Sementara itu, Rektor UM Palangka Raya, Dr Bulkani M.Pd mengatakan pihaknya juga terus berupaya mengakreditasikan seluruh program studi yang ada.

"Di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, ada 16 program studi yang mana 10 diantaranya terakreditasi B sementara sisanya kita targetkan diakhir 2017 ini minimal terakreditasi C," katanya.

Selanjutnya, Bulkani mengungkapkan, berdasar peringkatan yang dilakukan Kemenristekdikti, UMP yang memiliki moto "The Green Islamic Campus" ini menduduki peringkat 280 dari 3.244 universitas negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

"UMP juga menduduki nomor enam untuk peringkat universitas negeri dan swasta di Regional Kalimantan yang artinya UMP menjadi universitas terbaik di Kalimantan Tengah," kata dalam pidato sebelum acara wisuda dimulai.

Pada acara yang dilakukan di Aula UMP itu, sebanyak 684 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) diwisuda yang mana 66 orang diantaranya lulus dengan predikat cumlaude.