Jelang pilkada, jangan terpancing ikut memanaskan suhu politik, kata Atu Narang

id Ketua DPRD Kalteng,DPRD Kalteng,Atu Narang,Jangan terpancing isu politik,suhu politik memanas

Jelang pilkada, jangan terpancing ikut memanaskan suhu politik, kata Atu Narang

Ketua DPRD Kalteng Renhard Atu Narang membacakan sambutan di upacara Hasupa Hasunda, Palangka Raya, Senin (10/3/18). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Jika kita mendambakan pemerintahan yang demokratis, maka dibutuhkan kesadaran akan pentingnya proses dan tahapan pemilu 2018 dan 2019 berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Renhard Atu Narang mengingatkan seluruh masyarakat, khususnya aparatur sipil negara di jangan terpancing memanaskan suhu politik jelang pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2018 dan Pemilihan Legislatif serta Presiden pada tahun 2019.

Harus diakui pemilu yang dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019 pasti akan membuat suhu politik mengalami peningkatan, kata Atu Narang saat memimpin upacara Hasupa Hasunda Pemerintah Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Senin.

"Jika kita mendambakan pemerintahan yang demokratis, maka dibutuhkan kesadaran akan pentingnya proses dan tahapan pemilu 2018 dan 2019 berjalan dengan kondusif dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku," tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalteng juga diharapkan tetap memperhatikan aturan, termasuk dinamika politik yang sedang berkembang, khususnya menjelang Pilkada.

Atu Narang menghimbau agar masyarakat dan ASN ikut dan terlibat aktif menjaga suasana aman dan tertib, serta menggunakan hak pilih sesuai hati nurani agar terpilih pemimpin yang mampu memperjuangkan kesejahteraan dan kemajuan pembangunan.

"Jangan karena perbedaan pilihan membuat kita tercerai-berai. Walaupun diantara kita ada perbedaan suku, agama dan ras (Sara), tapi kita ini adalah satu dan bersaudara dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kalteng tiga periode ini menegaskan bahwa pihaknya akan selalu berupaya membantu Pemerintah Provinsi, khususnya Gubernur Sugianto Sabran dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan bantuan tersebut tentunya sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD, yakni monitoring atau pengawasan terhadap program kerja, membuat dan menetapkan legislasi atau aturan serta penganggaran.

"Berbagai produk peraturan daerah (perda) yang diajukan Pemprov Kalteng juga selalu berupaya kita bahas dan sempurnakan demi kebaikan semua pihak, khususnya memajukan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat," demikian Atu Narang.