Wisata Kereng Bengkirai bawa 'berkah' bagi warga Palangka Raya

id DPRD Palangka Raya,wisata Kereng Bangkirai,Rusdiansyah,Wisata Kereng Bengkirai bawa berkah bagi warga Palangka Raya,wisata kereng bangkirai

Wisata Kereng Bengkirai bawa 'berkah' bagi warga Palangka Raya

Salah satu Objek Wisata Kereng Bangkirai di kota Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

...sehingga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk memperkerjakan pemuda-pemudi setempat yang belum memiliki pekerjaan tetap untuk turut mengelola wisata yang sudah dibangun oleh Pemkot Palangka Raya itu
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sejumlah objek wisata di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada awal tahun 2018 dipadati pengunjung dari berbagai daerah, sehingga membawa berkah tersendiri bagi warga yang ada di darah itu.

Anggota DPRD Komisi C, Rusdiansyah, di Palangka Raya, Kamis, mengatakan dengan keberadaan sejumlah wisata yang ada di 'Kota Cantik' itu, sudah membantu warga setempat untuk turut mengambil kesempatan bekerja di tempat-tempat objek wisata yang ada di daerah tersebut.

"Contohnya, seperti di kawasan objek wisata Kereng Bangkirai yang selalu dikunjungi masyarakat, sehingga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk memperkerjakan pemuda-pemudi setempat yang belum memiliki pekerjaan tetap untuk turut mengelola wisata yang sudah dibangun oleh Pemkot Palangka Raya itu," kata Rusdiansyah.

Rusdiansyah mengakui, wisata susur sungai yang menjadi andalan di lokasi wisata itu, perputaran uang setiap bulannya terus meningkat. Itu diperkirakan para pengunjung yang datang selalu berbelanja makanan, sewa kapal wisata yang mana sudah disediakan warga setempat seperti wahana permainan air. 

Baca: Objek Wisata di Palangka Raya Ramai Kunjungan

"Selain berwisata, pengunjung juga dikenakan biaya tarif parkir kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat yang sudah disediakan Pokdarwis setempat. Sehingga pendapatan warga di Kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau selalu ada dan bervariasi tiap harinya," ucapnya.

Politisi PKB Kota Palangka Raya tersebut juga meminta kepada pihak Ketua Pokdarwis setempat, agar bisa memikirkan untuk pengembangan wisata di daerah itu. Sebab apabila tidak dipikirkan dari sekarang, nantinya para pengunjung akan bosan dengan wisata yang disajikan Pokdarwis setempat. 

Apalagi berdasarkan informasi dari media massa beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Kalteng berniat akan meningkatkan kualitas jalan menuju tempat wisata yang dibangun oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

Rencananya tahun 2018 sejumlah ruas jalan menuju arah wisata andalan masyarakat Kereng Bengkirai ditingkatkan. Ini tidak lain sebagai sinergi antara pemprov dan pemkot setempat dalam pengembangan wajah Ibu Kota Provinsi Kalteng. 
   
"Saya sangat apresiasi sekali dengan niat Dinas PU Provinsi Kalteng yang merencanakan akan meningkatkan ruas jalan menuju wisata arah Kereng Bengkirai. Dengan adanya bantuan itu nantinya, kami akan menjaga dan memelihara jalan tersebut sebaik mungkin," tandas anggota Komisi C yang membidang masalah Pendidikan dan Pariwisata  tersebut.