Jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang rampung akhir 2018

id jalan kuala pembuang-telaga pulang, pjs bupati seruyan

Jalan Kuala Pembuang-Telaga Pulang rampung akhir 2018

Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Leonard S Ampung didampingi sejumlah kepala SOPD saat meninjau pengerjaan jalan penghubung Kuala Pembuang menuju Telaga Pulang, Kecamatan Danau Sembuluh, Selasa (8/5) (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Leonard S Ampung meninjau pengerjaan jalan penghubung Kuala Pembuang-Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh untuk memastikan pengerjaan proyek berjalan baik.

"Kita sudah melakukan peninjauan untuk memastikan proyek pembangunan berjalan baik dan bisa selesai sesuai target yaitu sebelum akhir 2018," kata Leonard di Kuala Pembuang, Rabu.

Kunjungan Pjs Bupati ke lokasi proyek pembangunan jalan penghubung melewati beberapa kecamatan, didampingi Kepala DPU-PR Seruyan Pieter Manginte, Kepala Dishub Seruyan Tuhas Bandrang serta pejabat teknis lainnya.

Ia menjelaskan, pembangunan jalan penghubung Kuala Pembuang-Telaga Pulang sepanjang kurang lebih 90 kilometer mulai ditangani secara bertahap oleh Pemrov Kalteng dan Pemkab Seruyan.

Sesuai dengan kesepakatan, untuk tahap awal pekerjaan dibagi menjadi beberapa titik krusial yang ditangani masing-masing, yakni 12,7 kilometer dari arah Kuala Pembuang ditangani Pemprov Kalteng. Lalu 2 kilometer yang ditangani Pemkab Seruyan.

Untuk pengerjaan yang ditangani provinsi dengan anggaran kurang lebih Rp49 miliar produknya langsung aspal, sedang dari Pemkab Seruyan dengan anggaran Rp2,8 miliar itu masih berupa agregat terbuka.

"Setelah pekerjaan ini selesai, maka masyarakat yang melintas akan lebih mudah, karena yang kita tangani adalah titik krusial yang selama ini menjadi kendala masyarakat," katanya.

Menurutnya, pembangunan jalan penghubung Kuala Pembuang-Telaga Pulang memiliki peran yang sangat penting untuk memajukan perekonomian di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring", karena jalan tersebut merupakan jalan akses yang dapat menghubungkan Kuala Pembuang dengan sejumlah kecamatan lainnya.

Kemudian, dengan selesai dan berfungsinya jalan itu, maka akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur lainnya dan mendukung operasional Pelabuhan Samudera Teluk Segintung serta Bandara Kuala Pembuang.

"Mudah-mudahan nanti penyelesaian pembangunan jalan tersebut bisa terlaksana dengan baik sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah," katanya.