Peserta turing Merah Putih disambut di tempat bersejarah

id pangkalan bun,turing merah putih kalteng,wakil bupati kobar,tempat bersejarah di kobar

Peserta turing Merah Putih disambut di tempat bersejarah

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah (kanan) menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Duta Merah Putih Polda Kalteng, di Pangkalan Bun, Sabtu (11/8/2018). (Foto Antaranews Kalteng/Hendri Gunawan)

Beberapa waktu belakangan ini dan saya yakni kita menyadari bersama, kondisi yang ada di sekitar kita, rasa nasionalisme kebangsaan kita perlahan lahan terdegradasi oleh berbagai macam pengaruh kepentingan. Itu mengancam rasa persatuan dan kesatuan k
Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Monumen penerjunan pertama Palagan Sambi, Kabupaten Kotawaringin Barat, menjadi lokasi penyambutan peserta touring Merah Putih yang diselenggarakan Polda Kalimantan Tengah.

Penyambutan tersebut ini sengaja dipusatkan di Palagan Sambi karena tempat yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya pasukan khas TNI Angkatan Udara, Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmadi Riansyah, saat menyambut peserta turing merah putih, di Pangkalan Bun, Sabtu (11/8/18).

"Tepat pada 17 Oktober 1947 atau 71 tahun silam, berdiri tegak di depan kita Monumen Palagan Sambi sebagai bukti sejarah penerjunan pertama di Kabupaten Kobar. Pada tanggal itu pula ulang tahun pasukan khas TNI Angkatan Udara," tambah dia.

Dia pun berharap, adanya turing merah putih ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial, melainkan kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa patriotisme, nasionalisme, serta idealisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Beberapa waktu belakangan ini dan saya yakni kita menyadari bersama, kondisi yang ada di sekitar kita, rasa nasionalisme kebangsaan kita perlahan lahan terdegradasi oleh berbagai macam pengaruh kepentingan. Itu mengancam rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai warga negara kesatuan Indonesia," kata Ahmadi.

Sementara itu, Kombes Pol Jafar Sodik, selaku Ketua Tim Tuuring Merah Putih sekaligus Dir Bimas Polda Kalteng mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengelorakan simbol pemersatu bangsa Indonesia bendera Merah Putih kepada seluruh masyarakat Kalteng yang mana diharapkan gaungnya untuk Indonesia serta melakukan pembagian sejuta lembar bendera Merah Putih Se-provinsi Kalteng.

"Turing Merah Putih ini akan di akhiri dengan pengibaran bendera Merah Putih di Kabupaten Muarateweh perbatasan dengan provinsi Kalimantan Timur. Kemudian di Kabupaten Kapuas berbatasan dengan provinsi Kalimantan Selatan serta di Kabupaten Sukamara berbatasan dengan Kalimanatan Barat," ucap Jafar Sodik.

Jafar menambahkan, nantinya bendera merah putih yang secara simbolis diserahkannya kepada Wakil Bupati Kobar. Kemudian diserahkan kembali oleh Wakil Bupati kepada Duta Merah Putih tersebut, akan dibawa oleh Duta Merah Putih beserta rombongan tim turing Merah Putih menuju Kabupaten Lamandau, dan berakhir di Kabupaten Sukamara.

Sesampainya di Kabupaten Sukamara, akan dikibarkan segara bersamaan dengan bendera Merah Putih yang dibawa oleh rombongan lainnya menuju Kabupaten perbatasan diantaranya Kabupaten Muara Teweh dan Kabupaten Kapuas.

Dilain sisi, Senin (13/8/2018) mendatang Polres Kobar bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kobar juga akan melakukan pemasangan bendera Merah Putih sepanjang 702 meter di teluk Kumai sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan gelaran Touring Merah Putih sekaligus merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Indonesia ke-73.