Ikatan Dayak Islam Kapuas Hulu dibentuk bawa kedamaian

id IKDI, IKDI kapuas hulu, dayak islam

Ikatan Dayak Islam Kapuas Hulu dibentuk bawa kedamaian

Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. (Foto uncak.com)

Putussibau, Kalbar (Antaranews Kalteng) - Ikatan Keluarga Dayak Islam (IKDI) saat ini sudah terbentuk di Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat sebagai organisasi pembawa kedamaian dan meningkatkan keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.     "

"Kami diberikan mandat oleh pengurus IKDI Kalimantan Barat, untuk membentuk kepengurusan di Kapuas Hulu," kata Ketua IKDI Kapuas Hulu, Ustad Indra Abdurahman kepada Antara di Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu.

Dia menjelaskan organisasi IKDI itu bertujuan untuk menyuarakan kedamaian dan menjaga rasa kekeluargaan ditengah - tengah masyarakat Kapuas Hulu yang terdiri dari berbagai suku dan agama.

Selain itu, kehadiran organisasi itu juga untuk mempertegas kembali bahwa suku merupakan takdir dan agama merupakan pilihan.     "Selama ini apabila Suku Dayak memeluk agama Islam di anggap Melayu, padahal sekalipun yang bersangkutan beragama Islam Suku Dayak itu tetap melekat tidak bisa di ubah - ubah," tandas Abdurahman.

Bahkan, menurut dia, selama ini Suku Dayak dianggap beragama non muslim, padahal banyak sekali Dayak beragama Islam.    

"Saya merasa di Kapuas Hulu ini, bahkan di Kalimantan Barat masih satu keturunan yaitu Dayak hanya saja agamanya yang berbeda - beda," ujar Abdurahman atau yang biasa dipanggil juga Yohanes Soter.

Dirinya berharap kedamaian, keharmonisan dan rasa kekeluargaan di Kapuas Hulu bahkan Kalimantan Barat dan secara nasional juga, selalu terjaga.

"Kita jangan mau diadu domba hanya karena kepentingan tertentu, dan jangan pernah menghilangkan jati diri kita," kata Abdurahman yang juga sebagai Ketua Lembaga Persaudaraan Pembinaan Muallaf Kapuas Hulu.

Dalam susunan kepengurusan Ikatan Dayak Islam Kapuas Hulu yaitu Ketua Indra Abdurahman, Wakil Ketua I  Teofilusianto Timotius atau Muhammad Fiqri Timotius, Wakil Ketua II, Edi Bs, Sekretaris, Iskandar dan Bendahara yaitu Elly Gus Jam serta sejumlah susunan kepengurusan lainnya sesuai bidang.